Tiga Jurus Kunci Asuransi JAGADIRI

Dikenal sebagai merek asuransi digital pertama di Indonesia, JAGADIRI makin memperlihatkan kinerja positifnya. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan pendapatan tiap tahunnya yang selalu double digit, sejak pertama kali diluncurka pada 2015 lalu. "Pertumbuhan kami di tahun lalu mencapai 49%," ungkap CEO PT Central Asia Financial (CAF) Reginald J. Hamdani.

Tak hanya mampu mencetak pertumbuhan hingga double digit, JAGADIRI juga mampu mengubah stigma atau persepsi bahwa produk asuransi hanya cocok untuk segmen dewasa dan lansia. Hal itu dibuktikan dengan jumlah nasabah JAGADIRI yang saat ini didominasi oleh segmen millennials, yakni mencapai 59%. Sisanya adalah segmen usia 36-50 tahun yang mencapai 34% dan segmen usia di atas 50 tahun yang hanya mencapai 8%.

Sukses JAGADIRI, diakui Reginald, lantaran JAGADIRI melancarkan tiga jurus kunci. Kunci pertama adalah Kapabilitas dan Kompetensi. "Sebagai perusahaan yang bermain di digital, kami membutuhkan nafas dan konsistensi yang panjang. Untuk itu, dengan kapabilitas dan kompetensi, kami senantiasa menghadirkan produk baru," ucapnya.

Pada akhir Mei ini misalnya, JAGADIRI resmi meluncurkan empat produk baru sekaligus. Keempat produk itu adalah JAGA SEHAT PILIHANKU, JAGA SEHAT TROPIS, JAGA SENYUMKU, dan JAGA LIBURAN. Keempat produk tersebut menawarkan benefit yang memang dibutuhkan oleh konsumen Indonesia.

Kunci kedua adalah Sinergi. Dijelaskan Reginald, ketika bermain di dunia digital, JAGADIRI tidak bisa sendirian. "Kami harus mampu bersinergi. Untuk itu, kami banyak melakukan sinergi atau kemitraan dengan partner. Di antaranya dengan WE+ dan Alfamart," lanjutnya.

Ditegaskan Reginald, demi memperluas jaringan distribusi, JAGADIRI menjalin kerja sama dengan digital insurance market place, WE+ serta dalam waktu bersamaan JAGADIRI meluncurkan program bersama dengan WE+ dan Alfamart untuk mengoptimalkan kemudahan akses pembelian produk JAGADIRI. "Ke depan, kami akan menambah jumlah kemitraan kami dengan pihak lain," ungkapnya.

Khusus bulan Ramadhan, JAGADIRI menggandeng WE+ dan ALFAMART. Melalui kerja sama itu, JAGADIRI menawarkan program spesial bagi para konsumen Alfamart yang melakukan transfer uang di Alfamart dan mengunduh aplikasi WE+ maka otomatis akan mendapatkan perlindungan gratis JAGA AMAN BERSAMA dari JAGADIRI selama 2x24 jam.

Asuransi JAGA AMAN BERSAMA akan diberikan secara gratis kepada penerima uang dengan nilai pertanggungan jiwa senilai Rp 10 juta, serta santunan rumah sakit akibat kecelakaan sebesar Rp 1 juta. Program itu berlangsung mulai 1-10 Juni 2018.

“Kami melihat potensi pengembangan kerja sama ke depan sangat besar dan potensial, WE+ adalah aplikasi digital dengan konsep insurance as a lifestyle sangat cocok sekali dengan JAGADIRI. Sementara Alfamart, dengan akses gerai yang begitu luas tersebar di seluruh Indonesia sangat membantu distribusi dan penetrasi produk JAGADIRI, terutama untuk konsumen kategori unbanked consumers,” yakin Reginald.

Kunci ketiga adalah Relevan. Menurut Reginald, sebagai asuransi yang nasabahnya didominasi oleh segmen millennial, maka JAGADIRI harus mampu menawarkan nilai tambah yang relevan dengan kebutuhan nasabah, termasuk nasabah dari segmen millennial.

Selain itu, tambah Reginald, fokus JAGADIRI ke depan adalah terus berevolusi dan berinovasi untuk mengembangkan JAGADIRI sebagai insurance commerce, termasuk mempersiapkan produk-produk baru yang inovatif berbasis digital. "Keempat produk tadi merupakan implementasi dari konsep yang diusung JAGADIRI, yakni konsep One Stop Digital Insurance," tuturnya.

Dari peluncuran produk terbaru dan konsep One Stop Digital Insurance itu, JAGADIRI menargetkan kontribusi 20% kepada total bisnis JAGADIRI, pertumbuhan pendapatan premi sebesar 91%, serta penambahan 50.000 customer baru hingga akhir 2018. " Untuk mengoptimalisasi target tersebut, serangkaian strategi akan dilakukan JAGADIRI, yakni branding melalui channel digital (website dan sosial media) serta memperluas jaringan distribusi," paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)