Upaya Kalbe Kembangkan Pasar Suplemen

Penjualan suplemen kesehatan di Tanah Air diprediksi akan tumbuh di atas 20% di tahun 2015 ini, dan nilai bisnisnya mencapai Rp2 triliun. Pertumbuhan tersebut terutama didukung dengan meningkatnya gaya hidup konsumen yang semakin peduli terhadap kesehatan mereka. Namun, semakin banyaknya 'pemain' di kategori produk OTC ini juga menjadi faktor penting yang mendorong penetrasi pasar suplemen nasional.
H2 Health & Happiness

Hari ini (28/1), Kalbe Farma resmi memperkenalkan produk suplemen H2 Health & Happiness Skin Series, hasil kolaborasinya dengan produk Biokos (Martha Tilaar Group), di Jakarta.

Melihat peluang tersebut, di penghujung Januari 2015 (28/1) ini PT Kalbe Farma bekerja sama dengan Martha Tilaar Group lewat produk Biokos menghadirkan H2 Health & Happiness Skin Series, yaitu produk suplemen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Sama seperti Biokos, umbrella brand dari produk neutraceutical Kalbe ini juga membidik perempuan urban berusia di atas 20 tahun sebagai target utama produknya. “Penetrasi suplemen di Indonesia masih sangat rendah, di bawah 20%. Menyadari masih besarnya peluang membesarkan pasar suplemen, kami menggandeng Biokos untuk meluncurkan produk H2 Health & Happiness Skin Series. Kenapa Skin Series? Karena permintaan produk skin care selalu meningkat, tak hanya di kalangan wanita, tetapi dari kaum pria juga mulai mengonsumsi skin care,” ungkap Sintesia Sunarjo, Marketing Deputy Director Consumer Health Division 2 PT Kalbe Farma. Produk suplemen yang mengusung konsep kesehatan dan kebahagiaan ini hadir dalam tiga varian, antara lain Firm Skin, Cherished Skin, dan Fair Skin. Suplemen yang mengklaim 100% berbahan alami ini juga berencana akan merilis seri-seri suplemen lainnya, seperti untuk kesehatan tulang, jantung, dan sebagainya. “Ke depan kami berencana akan mengembangkan seri H2 Health & Happiness. Kemungkinan tahun ini akan hadir seri kedua H2 Health & Happiness,” imbuh Sintesia yang menyebutkan bahwa kategori produk OTC Kalbe berkontribusi 20% terhadap total penjualan Kalbe. “Untuk menciptakan awareness, Kalbe menggunakan platform digital antara lain lewat social media Facebook H2 Health and Happiness, Instagram @h2_healthandhappiness, dan website www.h2healthandhappiness.com.” Sementara Wulan Tilaar, Vice Chairwoman Martha Tilaar Group menyambut positif kerja sama ini. “Ini merupakan salah satu wujud mimpi kami yaitu menghadirkan prosuk suplemen lokal yang memang khusus diciptakan untuk jenis kulit konsumen Indonesia yang berada di iklim tropis,” tuturnya. Menurutnya, upaya kolaborasi juga menjadi salah satu strategi Martha Tilaar Group menghadapi kompetisi pasar yang semakin ketat, baik di pasar domestik maupun global, termasuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)