Menjadi yang pertama dalam menghadirkan layanan 4G-LTE (Long Term Evolution) , PT XL Axiata Tbk (XL) terus membuktikan komitmennya untuk memperluas layanan 4G LTE-nya di seluruh Indonesia. Setelah sukses uji coba di Mal Kota Kasablanka Jakarta, memasuki pekan ketiga Desember 2014, XL kembali meluncurkan layanan 4G-LTE-nya langsung di tiga kota besar. Ketiga kota besar itu adalah Medan, Yogyakarta, dan Bogor. Layanan internet berkecepatan tinggi dan berteknologi canggih yang disediakan XL itu didukung oleh mitra penyedia jaringan terkemuka di dunia, yaitu Ericsson, Huawei, dan Nokia.
Layanan XL 4G-LTE hadir di kota Medan, Yogyakarta, dan Bogor
Hadir dalam peluncuran itu para pimpinan XL, pimpinan daerah di tiga kota, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Group Chief Marketing Regional Officer Axiata Dian Siswarini. Seluruh narasumber langsung menjajal layanan 4G-LTE lewat komunikasi virtual di empat kota, Jakarta, Medan, Yogyakarta, dan Bogor.
“Melalui peluncuran tersebut, XL ingin memenuhi janji kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia untuk menghadirkan layanan XL 4G-LTE secara komersial dan terluas. Kami adalah operator pertama yang menggelar layanan 4G-LTE di tiga kota sekaligus, termasuk di Medan di Sumatera Utara yang cukup jauh dari Ibu Kota Jakarta. Dalam waktu dekat, XL 4G-LTE akan kami luncurkan juga di Surabaya, serta akan menyusul segera di kota-kota lainnya, termasuk Jakarta,” ungkap Dian.
Ia menambahkan, pemilihan ketiga kota tersebut sebagai lokasi digelarnya layanan XL 4G-LTE yang pertama didasarkan pada beberapa pertimbangan. Mulai dari pertimbangan bisnis seperti tingginya potential market atau permintaan pelanggan, ketersediaan alokasi frekuensi, hingga mempertimbangkan sisi dukungan bagi percepatan pembangunan di daerah melalui jaringan pita lebar dan layanan internet cepat.
“Pada tahap awal ini, total jumlah BTS 4G lebih dari 100 BTS. Jumlah BTS tersebut akan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Nilai investasi yang dikeluarkan XL untuk menyediakan layanan mobile 4G-LTE ini sudah menjadi bagian dari keseluruhan nilai investasi XL di tahun 2014 yang mencapai sekitar Rp 7 triliun,” tandasnya.
Demi mengkomunikasikan sekaligus memperluas layanan 4G-LTE, XL juga telah menyiapkan ekosistem pendukungnya. Mulai seperti penyediaan ponsel, aplikasi digital yang memberikan benefit menarik untuk pelanggan—seperti gratis streaming lagu di Guvera, live streaming nonton pertandingan bola Liga Inggris, video streaming di VIKI, dan konten Muslimku—maupun paket data layanan 4G-LTE.
“Hingga saat ini, XL telah bekerja sama dengan sejumlah penyedia ponsel 4G-LTE, yaitu LG dan Sony. Selanjutnya, akan segera menyusul kerja sama dengan beberapa brand ponsel seperti Samsung, Apple, HTC, Lenovo, Xiaomi, dan BlackBerry. Dengan demikian, pelanggan XL akan bisa lebih mudah mendapatkan ponsel 4G melalui program bundling mulai harga Rp 3 juta hingga 5 jutaan yang sudah tersedia sejak peluncuran layanan XL-4G LTE ini,” tambahnya.
Untuk paket data 4G, pelanggan sudah dapat langsung memperolehnya sejak dimulainya peluncuran layanan XL 4G-LTE. Ada beberapa pilihan paket data dengan bonus kuota 4G yang menarik yang sudah disediakan XL untuk para pelanggan layanan internet XL yang saat ini sudah mencapai sekitar 32 juta atau 53% dari total 58,3 juta pelanggan. “Pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone saat ini telah mencapai sekitar 14,6 juta pelanggan,” tutupnya.