4 dari 5 Dokter Mengandalkan Internet Sebagai Rujukan Utama

Menurut hasil studi Edelman Indonesia yang meneliti perilaku komunikasi dokter umum dan spesialis dalam mencari dan menyebarkan informasi kesehatan, menunjukkan, tenaga praktisi kesehatan kini beralih ke konten digital untuk mencari informasi seputar diagnosa (53%), pengobatan (54%) dan kesehatan umum (67%). Demikian yang disampaikan Edelman dalam siaran pers yang diterima MIX.

Sumber informasi digital komunitas profesional seperti mailing list dan forum, Facebook, dan YouTube merupakan tiga sarana yang paling banyak digunakan oleh dokter untuk berbagi pengetahuan dan informasi seputar dunia kesehatan.

Tenaga praktisi kesehatan kini semakin banyak yang menggunakan internet untuk memperkuat jaringan profesional mereka, yang sekaligus digunakan untuk memberdayakan pasien dengan informasi terbaru dan mendalam. Hasil studi yang dilakukan Edelman Indonesia dengan Unit Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, menunjukkan bahwa 4 dari 5 dokter di Jakarta – dan 3 dari 4 dokter di Bandung, Surabaya dan Medan – menjadikan internet sebagai sumber informasi utama yang berhubungan dengan profesi mereka. Menyadari bahwa informasi yang tersedia online berperan penting dalam membantu pasien membuat keputusan mengenai kesehatan mereka. Sebanyak 38% dokter umum dan spesialis saat ini memilih untuk merekomendasikan sumber-sumber online untuk mendapatkan informasi tambahan dan mendalam. Sebagai perbandingan, terdapat 32% dokter umum dan spesialis yang merekomendasikan rekan se-profesi lainnya. Sebaliknya, pemanfaatan medical representative oleh dokter terbatas pada informasi obat-obatan baru (64%). Selain terbatas pada informasi tersebut, medical representative dari perusahaan farmasi hanya menjadi sumber informasi untuk mengetahui tren diagnosa (4%), pengobatan baru (3%) dan kesehatan umum (4%). Temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan farmasi perlu mengkaji ulang bagaimana saluran komunikasi digital dapat dipergunakan sebagi pelengkap informasi untuk meningkatkan kualitas komunikasi antar medical representatives dengan para dokter. Sumber informasi digital komunitas profesional seperti mailing list dan forum, Facebook, dan YouTube merupakan tiga sarana yang paling banyak digunakan oleh dokter untuk berbagi pengetahuan dan informasi seputar dunia kesehatan, baik dengan masyarakat umum maupun dengan rekan-rekan seprofesi lainnya yang sekaligus sebagai sarana memperluas jaringan profesional mereka. “Di balik temuan ini ada sebuah cerita tentang sebuah negara di mana masyarakat, bahkan para dokternya, menjadikan internet sebagai komponen yang sangat penting dalam pekerjaan mereka,” ujar Stephen Lock, CEO Edelman Indonesia. “Di titik inilah saya merasa bahwa industri kesehatan dan farmasi di Indonesia sedikit tertinggal dibandingkan dengan sektor lainnya. Di satu sisi mereka memiliki standar kepatuhan (compliance) yang tinggi, namun pada kenyataannya tampak jelas bahwa baik dokter dan pasien sama-sama sudah tanggap teknologi sehingga bisa menjadi konsumen kesehatan yang melek informasi,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)