47% Pengguna Internet Mengakses Dari Rumah

Terjadi pergeseran yang cukup menarik di tahun 2012, di mana pengguna internet lebih banyak mengakses internet dari rumah (47%) dibandingkan dari internet kafe atau warnet (28%). Hal ini dipaparkan Irawati Pratignyo, Managing Director Media Nielsen Indonesia, dalam pemaparan hasil riset Nielsen Audience Measurement, hari ini (6/3), di Jakarta.

Penggunaan internet lewat laptop tercatat tumbuh cukup signifikan di sepanjang 2012, dari 20% (2011) menjadi 27% (2012.)

“Hanya dalam setahun, telah terjadi perubahan yang signifikan, di mana pada tahun 2011, 41% pengguna internet aktif masih mengaksesnya dari warnet, sementara hanya 23% yang mengakses dari rumah. Namun tahun 2012 yang terjadi justru sebaliknya, dimana lokasi penggunaan internet tertinggi terjadi di rumah,” ujar Irawati Pratignyo, Managing Director Media, Nielsen Indonesia. Seiring dengan meningkatnya akses internet di rumah, penggunaan laptop sebagai perangkat untuk mengakses internet pun bertambah dari 20% menjadi 27%, meskipun komputer dan ponsel masih menjadi perangkat akses utama, masing-masing sebesar 59% dan 56%. “Ini merupakan indikasi peningkatan kepemilikan laptop pribadi, sekaligus kebutuhan untuk memiliki akses internet pribadi di rumah tangga Indonesia,” sambungnya. Penggunaan internet tertinggi di tahun 2012 masih untuk jejaring sosial dengan porsi 75,3%. Angka tersebut sedikit menurun dibandingkan tahun 2011 yang mencapai 76,3%. Sementara, kebutuhan internet untuk mengunduh perangkat lunak atau dokumen juga tercatat meningkat dari 33% di tahun 2011 menjadi 37,3% di tahun 2012. Menurut Irawati, konsumsi iklan digital memang selalu tinggi, namun pembelian lewat internet (e-commerce) cenderung masih kecil dan biasanya hanya di segmen-segmen tertentu, seperti fashion dan spare part seperti ponsel serta otomotif. “Belanja iklan di internet memang tumbuh tapi belum banyak. Meskipun iklan digital bersifat dua arah, para pengiklan masih tetap memiliki kecenderungan memilih media konvensional untuk beriklan, karena memang lebih efektif menggarap konsumen,” tandas Irawati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)