94% Pengusaha Hotel di Indonesia Menganggap Penting Reputasi Online

TripBarometer lewat fitur terbarunya, Hotelier Confidence Index, telah mengukur tingkat kepercayaan sektor hotel dunia di 27 pasar wisata utama. Index tersebut melihat ekspektasi profitabilitas pengusaha perhotelan, perubahan dari tahun ke tahun dalam tarif kamar, dan rencana investasi untuk tahun 2015. Penelitian TripBarometer oleh TripAdvisor berdasarkan survei online yang dilakukan dari tanggal 16 Januari - 2 Februari 2015, yang dilaksanakan oleh Ipsos--firma penelitian dunia.

j

83% pelaku bisnis di sektor perhotelan Indonesia merasa optimistis dengan profitabilitas mereka di tahun 2015.

Hotelier Confidence Index tahun ini menunjukkan Indonesia berada di peringkat pertama di dunia. Sektor perhotelan Indonesia ternyata memiliki tingkat optimisme tinggi, dengan 83% bisnis merasa optimistis dengan profitabilitas mereka di tahun 2015. Masih menurut penelitian tersebut, 62% perusahaan Indonesia memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tarif kamar mereka tahun 2015. Hal itu merupakan pertanda kuat bahwa sektor perhotelan di Tanah Air makin sehat.

Bicara soal investasi untuk staf, maka anggarannya menunjukkan peningkatan secara signifikan sejak 2014. Investasi untuk pelatihan staf hotel di Indonesia meningkat sebesar 26% dan investasi untuk merekrut karyawan baru naik hingga 13%.

Sementara itu, seiring dengan maraknya digital, rupanya investasi untuk manajemen reputasi online juga mengalami peningkatan. Dari hasil riset tersebut menunjukkan bahwa 7 dari 10 pengusaha perhotelan Indonesia akan menghabiskan anggaran lebih besar untuk manajemen reputasi online di tahun 2015. Ketika ditanyakan mengenai elemen-elemen yang mereka rasa paling penting untuk masa depan bisnis mereka, reputasi online disebutkan penting oleh 94% dari pengusaha perhotelan Indonesia.

President TripAdvisor for Business Marc Charron, dalam siaran pers yang diterima MIX hari ini (11/3), mengatakan, "TripBarometer tahun ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam kepercayaan diri sektor perhotelan dunia. Ditandai dengan satu dari dua pengusaha hotel menaikkan tarif kamar. Sementara itu, meningkatkan kedatangan tamu, mendorong lebih banyak pemesanan langsung, dan mendorong review online wisatawan akan menjadi tema utama untuk sektor perhotelan tahun ini."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)