Begini Perilaku Berbelanja Online Konsumen Sepanjang Ramadhan

Belanja online telah menjadi pilihan utama konsumen Indonesia pada sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Terbukti, 65% konsumen Indonesia mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali selama bulan Ramadhan. Demikian hasil riset yang dilakukan oleh JakPat, platform riset online, terhadap 1.000 responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia mengenai kegiatan belanja online selama bulan Ramadhan. Riset berlangsung pada 12-17 Juni 2017.

“Tingginya penggunaan internet di Indonesia menyebabkan adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat, yang kini lebih cenderung menggunakan situs dan aplikasi belanja online. Kebiasaan ini turut mempengaruhi pilihan metode belanja masyarakat di bulan Ramadhan, dengan lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia,” ujar Ainun Habibah, Corporate Relation JakPat.

Dari 65% tersebut, generasi millennial (18-35 tahun) khususnya dari kelas menengah, menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online. Sementara itu, eCommerce yang paling banyak dipilih untuk berbelanja online adalah Shopee. Sebanyak 49,3% responden telah memilih Shopee sebagai pilihan belanja online mereka di bulan Ramadhan ini. Selanjutnya diikuti oleh Lazada dan Tokopedia yang masing-masing 20,7% dan 16% responden. Selanjutnya, Bukalapak (7%) dan Elevenia (3,2%) menempati posisi keempat dan kelima sebagai tempat terfavorit untuk memenuhi kebutuhan mereka secara online di bulan Ramadhan.

Fakta lainnya yang berhasil dijumpai dari hasil riset tersebut adalah lebih dari 94% responden mengakui tiga aspek utama sebagai bahan pertimbangan utama mereka dalam memilih destinasi belanja online selama bulan Ramadhan. Ketiga aspek itu adalah varian produk yang ditawarkan, promosi diskon Ramadhan yang menarik, serta bebas biaya pengiriman.

Selain itu, riset ini juga mengungkapkan lima kategori produk utama yang banyak dicari oleh masyarakat. Kelima produk utama tersebut adalah fashion dan aksesoris wanita, gadget dan aksesorisnya, pakaian Muslim, fashion pria, serta kategori perawatan dan kecantikan.

Sementara itu, secara umum, hampir seluruh responden atau sebesar 97,3% juga menyatakan kepuasannya terhadap layanan yang diberikan oleh situs belanja online yang mereka kunjungi dan akan merekomendasikannya kepada teman dan keluarga.

“Hasil riset yang kami lakukan menunjukkan bahwa aktivitas belanja online telah menarik perhatian dan menjadi pilihan masyarakat Indonesia, terlepas dari tingkat usia, kelas sosial ekonomi, ataupun jabatan seseorang. Tren belanja online ini diprediksi akan terus bertumbuh ke depannya. Karenanya kami berharap hasil riset ini bisa memberikan tambahan informasi untuk memahami perilaku belanja online masyarakat di bulan Ramadhan,” tutup Ainun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)