Hotel Masih Jadi Pilihan Akomodasi bagi Wisatawan Indonesia

Penelitian terbaru yang dirilis oleh TripAdvisor mengungkap tren pemilihan jenis akomodasi di kalangan wisatawan global. Ditinjau dari nilai rata-rata review yang diberikan wisatawan TripAdvisor, diketahui bahwa para wisatawan global lebih memilih jenis akomodasi Bed & Breakfast ketimbang hotel. Selama lima tahun terakhir, B&B berhasil memperoleh preview rata-rata sebesar 4,40. Sementara itu hotel hanya berhasil mendapatkan review rata-rata sebesar 4,03.

HotelExterior_Landscp_Night__1439287135_17533

Berbeda dengan tren global, wisatawan Indonesia lebih menggemari akomodasi jenis hotel

Uniknya, tren tersebut tidak berlaku di Indonesia. TripAdvisor mencatat bahwa hotel-hotel di Indonesia memperoleh peringkat review rata-rata sedikit lebih tinggi dibanding B&B dalam 5 tahun terakhir, yakni 4,12 berbanding 4,09. Kecilnya selisih rata-rata di antara keduanya mengindikasikan bahwa secara keseluruhan wisatawan merasa puas dengan kedua pilihan jenis properti tersebut.

Selain mengungkap preferensi jenis akomodasi,TripAdvisor juga menemukan bahwa cara peringkat review berpotensi besar dalam hal mempengaruhi interaksi pelanggan dan click through. Ternyata, ada korelasi antara peringkat review dan permintaan pemesanan tempat yang dicari wisatawan untuk menginap di TripAdvisor. Menurut penelitian ini, makin tinggi peringkat review akomodasi, semakin tinggi jumlah klik ke situs web properti tersebut dari Business Listing di halaman hotel TripAdvisor.

Menanggapi temuan tersebut, President TripAdvisor for Business Marc Charron berujar, "Sangat bagus melihat peringkat rata-rata review yang konsisten dan kuat untuk properti di Indonesia. Pemilik bisnis jelas terus menjadikan review online prioritas bisnis mereka – memberikan layanan yang baik, mendorong umpan balik dari wisatawan dan untuk terus berhubungan dengan wisatawan setelah mereka memposting review." Marc juga berharap bahwa tren peringkat review terus berlanjut bagi semua akomodasi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)