Ini Hasil Studi Nielsen tentang Efektivitas Iklan Online

Penetrasi internet di Indonesia yang telah mencapai 44% rupanya dibarengi juga dengan pertumbuhan iklan online. Lantas, apakah iklan online tercatat efektif bagi brand? Jawabannya, dapat dilihat dari hasil studi yang dilakukan Nielsen, yakni Nielsen Cross Platform Report 2017, terhadap 1.107 responden dari berbagai segmen usia. Merujuk hasil studi tersebut dijumpai fakta bahwa kebiasaan orang Indonesia mengkonsumsi iklan online rupanya dibarengi dengan kebiasaan mereka mencari tahu lebih jauh informasi yang mereka tonton di iklan video online.

Oleh karena itu, ketika ditanya seberapa sering mereka melakukan pencarian online setelah menonton iklan video online, maka sebagian besar responden mengaku melakukannya. Ada 58% segmen usia 16 sampai 20 tahun yang memutuskan melakukan pencarian online setelah mereka menyaksikan iklan video online. Selanjutnya, ada 61% segmen usia 21-29 tahun yang melakukan pencarian online pasca menonton iklan video online. Jumlah yang sama, 61% juga terjadi di usia 40-49 tahun. Adapun jumlah yang lebih tinggi terjadi pada mereka yang berusia 30-39 tahun. Sementara itu, usia 50 tahun ke atas mencapai 31%.

Menariknya, ketika ditanya seberapa sering mereka bertindak setelah menonton iklan video online, maka angkanya masih tercatat rendah. Tak kurang 25-26% segmen usia 16-49 tahun) mengaku mengontak perusahaan seperti menelpon dan mengirim email pasca menonton iklan video online. Sisanya, 39-44% dari mereka mengaku kadang-kadang melakukan hal itu pasca menonton iklan video online.

Sementara itu, 26-34% segmen usia 16 sampai 49 tahun mengaku melakukan pembelian online pasca menonton iklan video online. Adapun 51-56% dari mereka kadang-kadang melakukan pembelian online pasca menonton iklan video online.

Selanjutnya, ketika ditanya seberapa sering responden melakukan tindakan, seperti mengunjungi toko atauoun melakukan pembelian, maka 29-35% segmen usia 16 sampai 49 tahun mengaku mengunjungi toko pasca menonton iklan video online. Adapun 50 hingga 57% dari mereka mengaku kadang-kadang mengunjungi toko pasca menonton iklan video online.

Adapun 21-28% dari segmen usia 16 sampai 49 tahun mengaku melakukan pembelian usai menonton iklan video online. Sedangkan 53-59% dari mereka mengaku kadang-kadang melakukan pembelian setelah menyaksikan iklan video online.

(Simak kupasan lengkap tentang Iklan Online pada cover story Majalah Mix edisi Agustus 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)