Ini Kebiasaan Pengguna Facebook di Indonesia Sepanjang Ramadhan Tahun Lalu!

Facebook hari ini (6/5) merilis data tentang kebiasaan pengguna facebook di Indonesia sepanjang Ramadhan 2014 lalu. Merujuk data internal Facebook pada periode Ramadhan tahun lalu, April-Juli 2014, menunjukkan bahwa semakin malam orang Indonesia makin banyak menghabiskan waktunya di Facebook. Yakni, mulai pukul 9 malam hingga tengah malam selama Ramadan tahun lalu. Data tersebut mengungkapkan bahwa telah terjadi peningkatan 70% jumlah pengguna aktif setiap jam di Facebook menjelang tengah malam.

Consumer habit pengguna Facebook di Indonesia sepanjang Ramadhan 2014

Consumer habit pengguna Facebook di Indonesia sepanjang Ramadhan 2014

Fakta lainnya, orang Indonesia yang menghabiskan waktu di facebook pada malam hari, memilih mengakses social media tersebut di perangkat selular atau mobile. Yakni, mencapai 65%-nya. Itu artinya, kegiatan di selular lebih banyak 4,3 kali dibandingkan beraktivitas via desktop.

Menurut data tersebut, Ramadhan juga menjadi momentum bagi orang Indonesia untuk terhubung dengan orang-orang baru. Ada lima hal yang kerapkali terjadi di masa Ramadhan. Sejatinya, kelima hal itu dapat dicermati oleh para pengelola merek dalam memanfaatkan momentum Ramadhan.

Pertama, karyawan menerima THR (Tunjangan Hari Raya) sehingga terjadi peningkatan pendapatan untuk dibelanjakan oleh konsumen. Kedua, pemberian bingkisan sekali dalam setahun. Dalam hal ini, bingkisan makanan dan perabotan rumah tangga biasanya diberikan seminggu sebelum Lebaran. Ketiga, kebersihan adalah prioritas utama, baik kebersihan diri sendiri maupun kebersihan rumah.

Keempat, momentum menjamu tamu, sehingga para ibu menunjukkan keahlian kulinernya, termasuk keahlian menghias rumah. Kelima, momentum saling berbagi dan membantu. Dalam hal ini, orang-orang senang mencari informasi mengenai resep, menghias rumah, dan busana. Masih merujuk data tersebut, lebih dari 60 persen dari obrolan tentang busana di facebook selama periode Ramadhan, berasal dari mereka yang berusia 18-24 tahun.

Sementara itu, tujuan domestik terpopular selama Ramadhan adalah secara berurutan, Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Makassar, Semarang, dan Bogor. Adapun dari 37 juta orang Indonesia yang aktif di Facebook setiap harinya, ternyata 33 juta di antaranya mengakses Facebook dari selular mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “Ini Kebiasaan Pengguna Facebook di Indonesia Sepanjang Ramadhan Tahun Lalu!”

alhamdulillah fakta yg menarik
by dzikir, 22 May 2015, 09:48

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)