Inilah Isu Kecantikan yang Paling Dicari Konsumen Indonesia di Internet

Tak hanya otomotif yang mengalami kenaikan terkait penelusuran melalui internet ataupun mesin pencari online. Namun, kecantikan juga menjadi isu yang banyak dicari konsumen Indonesia melalui internet.

Studi Year In Search: 2018 Insight for Brands yang dirilis Google mengungkapkan, tahun 2018, penelusuran untuk perawatan rambut, wajah, dan make-up melalui internet mengalami kenaikan 1,5 kali. Sementara pada periode yang sama, penelusuran otomotif melalui internet 1,3 kali. Yang menarik, produk kecantikan lokal justru makin popular. Terbukti, 5 dari 10 penelusuran merek perawatan wajah popular adalah merek lokal.

Saat ini, tercatat ada 1.600 jumlah channel kecantikan Indonesia di Youtube. Sementara itu, 45% penelusuran tentang kecantikan adalah seputar produk kecantikan. Adapun 40% penelusuran tentang kecantikan adalah seputar video tutorial. Dari penelusuran itu, ada tiga penelusuran video tutorial teratas. Ketiganya adalah make up natural, make up Korea, dan make up pengantin.

Fakta lainnya, penggemar kecantikan di Indonesia menggunakan smartphone untuk mengikuti tren yang terus berubah. Dan, terjadi kenaikan 4,8 kali untuk penelusuran mengenai "sheet mask". Selanjutnya, disusul penelusuran untuk "lidah buaya" yang terkait perawatan kulit, rambut, dan bibir, yang mencapai kenaikan 3,4 kali. Berikutnya, penelusuran untuk "micellar water" mengalami pertumbuhan sebesar 2,6 kali. Itu artinya, micellar water menjadi kata kunci yang paling dicari di kategori pembersih wajah.

Tak hanya wanita, segmen pria pun mulai aktif mencari informasi perawatan tubuh melalui internet. Hal itu ditandai dengan kenaikan penelusuran untuk merek perawatan pribadi pria yang mencapai 2,7 kali.

Bahkan, studi ini juga menjumpai bahwa ada 1,6 kali lebih banyak penelusuran untuk "model rambut pria 2018" dibandingkan "model rambut wanita 2018". Selain itu, terjadi 2 kali kenaikan penelusuran untuk "perawatan wajah pria".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)