Inilah Lima Tipe Wanita Indonesia Versi High Heeled Warriors

NBCUniversal baru saja merilis hasil penelitian terhadap empat ribu wanita Asia—Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan HongKong—yang berlangganan TV berbayar. Penelian yang diberi nama “High Heeled Warriors” itu dilakukan sepanjang tahun 2011-2015, melalui metode wawancara online, Focus Group Discussion, dan wawancara etnografi.

Lima Tipe Wanita Indonesia

Lima Tipe Wanita Indonesia

Melalui riset tersebut disimpulkan bahwa wanita Asia dapat dibagi dalam lima segmen. Yakni, Heart Warmer, Trail Blazer, Peace Keeper, Passionista, Social Sider. Hearth Warmer adalah tipe wanita yang menyukai favorite show “My Kitchen Rules”, “Reel Diva”, “The Good Wife”, dan “Candid Camera”. Sementara itu, untuk segmen Trail Blazer adalah tipe wanita yang menyukai favorite show “Suits”, “How Do I Look”, “Law & Order: SVU”, dan “Fashion Police”.

Lain lagi dengan segmen Peace Keeper. Wanita dengan tipe tersebut menyukai favorite show seperti “Law & Order”, “Fashion Police”, “Clean House”, dan “Top Chef”. Sedangkan segmen Passionista merupakan tipe wanita yang menyukai favorite show “Keeping Up with The Kadarshians”, “Live from The Red Carpet”, “SuperModel Me”, dan “Fashion Bloggers”. Adapun segmen Social Sider adalah tipe wanita yang menyukai favorite show “Just for Laughs”, “Live From the Red Carpet”, “E! News”, dan “Say Yes to The Dress”. Bagaimana dengan wanita Indonesia? Ternyata, 25% wanita Indonesia bertipe Passionista. Selanjutnya, diikuti segmen Heart Warmer 24%, Peace Keeper 21%, Social Sider 19%, dan Trail Blazer 12%.

Saat sebuah produk atau perusahaan berkomunikasi, ternyata 62% wanita Indonesia lebih suka melihat iklan tentang bagaimana sebuah produk telah ditingkatkan, daripada iklan yang membandingkan diri dengan produk pesaing.

Sementara itu, bicara manfaat produk, 59% wanita Indonesia lebih tertarik mengetahui apa yang dapat dilakukan produk bagi diri mereka, daripada cara menggunakan produk. Sementara itu, 70% wanita Indonesia menginginkan produk atau gadget yang terlihat bersih, indah, dan mudah digunakan. Adapun 57%, mengaku bahwa produk yang wangi merupakan faktor utama dalam keputusan pembelian.

Temuan menarik lainnya tentang wanita Indonesia adalah 63% rupanya suka memberitahukan teman dan kerabat mengenai produk yang membantu meningkatkan kehidupan mereka dalam berbagai cara. Mereka ingin tahu apa yang dapat diberikan suatu produk dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi orang yang penting bagi mereka. 57% wanita Indonesia ingin diundang ke acara ekslusif peluncuran produk wanita. Sementara itu, lebih dari separuh wanita Indonesia, 60%, selalu ingin tahu lebih dulu tentang produk baru. Adapun 59% meyakinkan diri mereka sendiri agar tidak salah beli produk.

Bicara soal kepedulian, rupanya 62% wanita Indonesia akan membeli produk ramah lingkungan walaupun harus membayar lebih. Hal itu membuat mereka merasa bahwa mereka menjadikan dunia lebih baik dengan cara sederhana. Adapun 58% wanita Indoensaia merasa lebih baik membeli produk yang membantu meningkatkan hidup para pekerja di lingkungan miskin. Dan, 60% memilih produk yang terlibat secara aktif dalam kegiatan yang berguna, seperti kegiatan amal.

Fakta lainnya adalah TV berbayar merupakan platform yang memiliki pengaruh kuat terhadap penonton wanita. 76% dari keputusan pembelian yang dilakukan wanita Indonesia rupanya dipengaruhi oleh video mengenai produk/merek di TV berbayar. TV berbayar juga merupakan sumber media #1 untuk informasi tentang produk dan layanan baru. Selain itu, wanita Indonesia juga dikenal sebagai ratu multiscreen (banyak layar). Sambil menonton TV, 67% wanita Indonesia menggunakan smartphone dan 50% dari mereka menggunakan tablet. Sementara itu, mayoritas mereka menginginkan informasi lebih lanjut tentang acara TV yang sedang ditonton atau produk yang diiklankan. Selanjutnya, 59% wanita Indonesia lebih suka menonton video tentang sebuah produk daripada membaca teks atau foto.

“Dengan riset ini, kami sekarang tahu bagaimana sang High Heeled Warrior Indonesia mengonsumi konten, format pilihan mereka, dan berbagai tema yang mereka suka. Para klien juga dapat menggunakan informasi ini untuk berkomunikasi lebih efektif dengan konsumen wanita melalui pemasangan iklan dan sponsorship yang lebih strategis,” ujar Christine Fellowes, Managing Director, Universal Networks International, Asia Pasifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 thought on “Inilah Lima Tipe Wanita Indonesia Versi High Heeled Warriors”

kunjungi laman blog kami, kami menjual daster batik dengan harga GROSIR !! silahkan http://dastermurah25rb.blogspot.co.id/
by Maya, 10 Mar 2016, 22:18

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)