Karakteristik Konsumen Afrika

african consumer

Sejatinya, untuk produk konsumen, Afrika masih menjanjikan. Sebagian besar produk konsumen yang diekspor ke Afrika adalah produk yang harus bersaing dengan produsen global seperti Nestle dan Unilever. Pengalaman di Indonesia, banyak merek produk lokal yang mampu bersaing dengan merek global. Keunggulan merek lokal adalah pengetahuannya tentang karakter konsumen lokal.

Sekarang baik Unilever, Nestle dan produk Indonesia harus bersaing di arena yang pengetahuannya tentang konsumen Afrika – anggap saja – sama. Dengan demikian, kemampuan bersaing masing-masing tergantung pada kecepatan belajar mengenali konsumen Afrika. “Konsumen Afrika masih kurang terlayani, namun overcharged,” kata Frank Braeken, bos Unilever di Afrika seperti dikutip the Economist.
Afrika Selatan misalnya, masih membutuhkan sampo khusus untuk rambut Afrika, atau kosmetik untuk kulit hitam, memiliki sedikit pilihan, selain produk impor dari Amerika yang mahal.

Unilever melihat kesempatan, mereka berinvestasi untuk produk makanan dengan harga terjangkau, sabun cuci bubuk, produk perawatan semisal sampo dan kondisioner dan sekarang sedang hit. Tahun lalu Unilever membuka the Motions Academy di Johannesburg. Setiap tahun, Unilever akan melatih hingga 5.000 penata rambut yang ingin membuka salon sendiri. Hal ini juga laboratorium untuk menguji produk dan mencoba model bisnis baru. Jika berhasil, Unilever berencana mengembangkannya ke tempat lain di Afrika.

Tak mudah menggarap pasar Afrika. Tantangan menggarap pasar Afrika adalah membuat produk yang harga dijangkau konsumen. Perusahaan-perusahaan global seperti Nestlé terus berusaha menawarkan produk yang disebut Popularly Positioned Products, atau produk yang diterima pasar dan mampu mengatasi kekuarangan gizi dan harganya terjangkau. Misalnya, Nespray, sebuah susu bubuk instan, yang mengandung nutrisis penting untuk anak seperti kalsium, zinc dan besi.

Inovasi produk memang diperlukan. Merancang produk yang menarik bagi penduduk setempat hanya sebagian dari tantangan. Di Afrika Selatan sekalipun, yang memiliki infrastruktur terbaik, konsumen sulit dijangkau. Untuk itu, Nestlé mendeliveri langsung ke toko-toko spaza (informal convenience stores) yang merupakan 30% dari pasar ritel nasional, bahka di Nigeria jenis rite seperti itu, jumlahnya mencapai 50% dari pasar ritel. Sebagian besar berada di daerah-daerah terpencil dan pemiliknya sering tidak mampu menyediakan van pengiriman. Nestlé telah mendirikan 18 pusat distribusi yang memberikan ke spaze. Padahal untuk mendirikan pusat distribusi tersebut, biayanya sama seperti membangun outlet besar.

Dengan populasi sekitar 1 miliar orang yang tersebar di lebih dari 30 juta km2 dan lebih dari 50 negara, Afrika menjadi pasar yang beragam dan terfragmentasi. Meskipun ada perbaikan dalam hal tata kelola, Afrika masih menghadapi tingginya tingkat birokrasi dan korupsi di banyak daerah. Kawasan ini juga memiliki defisit infrastruktur yang sangat besar. Tingkat kepadatan jalan dan rel kereta api sangat rendah sehingga menyulitkan pemindahan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Meskipun perbaikan, penilaian Bank Dunia tentang kemudahan berbisnis masih peringkat negara yang paling buruk di Afrika. Hal ini dapat diterjemahkan ke dalam biaya yang lebih tinggi untuk melakukan bisnis dan keengganan perusahaan untuk melakukan bisnis di Afrika dibandingkan bagian lain dari dunia. Pemadaman listrik merupakan hal yang biasa dan menambah beban bisnis serta distribusi di wilayah tersebut. Untungnya, sebagian besar pemerintah Afrika menyadari itu dan memulai program ekspansi infrastruktur.
Kurangnya keterampilan dan pengalaman juga ada di pertengahan manajer atau tingkat senior manager di banyak negara Afrika, yang membuat berkembang dan kemudian melaksanakan Afrika strategi yang lebih menantang bagi perusahaan FMCG. Dengan lebih banyak perusahaan memasuki pasar persaingan untuk bakat sedang memanas dan menarik bakat telah menjadi pertimbangan utama bagi perusahaan FMCG.

Mengingat tantangan di atas, perusahaan harus beradaptasi dengan kondisi perdagangan di Afrika. Hal ini mensyaratkan perusahaan investasi di infrastruktur mereka sendiri seperti membangun sendiri pabrik pengolahan air mereka (Heineken) dan bahkan paving jalan.

Untuk mengintegrasikan dengan lingkungan ritel yang unik, perusahaan FMCG telah membangun hubungan yang kuat dengan pedagang informal dengan memiliki staf penjualan lokal di tanah untuk mengidentifikasi outlet baru dan untuk membantu pedagang ini membangun bisnis mereka. Dengan demikian, mereka memperluas cakupan mereka dengan minimal pengeluaran modal. Solusi ini telah ditambah dengan insentif yang kuat untuk ini pedagang informal untuk meningkatkan penjualan dan visibilitas merek.

Coca-Cola telah menarik banyak perhatian dengan menggunakan Micro Pusat Distribusi (MDC) model di mana depot milik lokal yang didirikan di daerah padat penduduk. MDCs ini kemudian didukung oleh kantor pusat Coca-Cola lokal dengan keahlian teknis dan pembiayaan operasional. Pada gilirannya, ini depot milik lokal kemudian lebih lanjut mendistribusikan ke daerah pedesaan menggunakan truk kecil dan kadang-kadang sepeda atau gerobak dorong.

Cara lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan inovasi produk. Promasidor mengganti lemak hewan dalam susu bubuk dengan lemak nabati untuk mengurangi ketergantungan pada transportasi berpendingin sehingga lebih mudah untuk mendistribusikan.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)