Lima Fakta Peminum RTD Tea

Nilai belanja iklan sebesar Rp 2,69 triliun di tahun 2016 untuk kategori teh, tentu saja merupakan bisnis yang sangat seksi bagi para pelaku bisnis. Untuk itu, salah satu hal yang penting dicermati pengelola merek adalah bagaimana perilaku konsumen dalam mengkonsumsi minuman teh, terutama minuman teh siap minum atau Ready To Drink (RTD) Tea yang pertumbuhannya cukup signifikan. Ada lima perilaku konsumen RTD Tea yang berhasil dijumpai oleh Nielsen. Pertama adalah konsumen yang mengkonsumsi Teh Siap Minum mencapai 75% di tahun 2016. Dari prosentase tersebut, 53% di antaranya juga mengkonsumsi Teh Reguler dan 22% hanya mengkonsumsi Teh Siap Minum. Kedua, Pengkonsumsi Teh Siap Minum mempunyai kecenderungan lebih tinggi untuk juga mengkonsumsi produk siap minum lainnya. Di antaranya, 81% mengkonsumsi Soft Drink, 63% mengkonsumsi Jus Siap Minum, 56% mengkonsumsi produk minuman olahraga, dan 25% juga mengkonsumsi produk Kopi Siap Minum. Ketiga, mereka yang mengkonsumsi Teh Siap Minum lebih condong berasal dari Upper class, yaitu sebanyak 31%, sedangkan 9% berasal dari lower class. Dari sisi usia, lebih dari separuh atau 52% berasal dari usisa 10-29 tahun. Adapun dari sisi profresi, mereka adalah segmen pelajar (22%) dan blue colar tau pegawai kerah biru (22%). Keempat, demografis para peminum teh non-RTD (ready to drink) adalah 26% upper class dan 12% lower class. Adapun usia mereka adalah 30 tahun ke atas (56%). Segmen yang paling banyak meminum non-RTD adalah blue colar (24%) dan ibu rumah tangga (22%). Kelima, dengan semakin banyaknya pilihan yang tersedia, frekuensi konsumen dalam mengkonsumsi produk Teh Siap Minum pun menjadi lebih sering. Di tahun 2007, 51% konsumen minum Teh Siap Minum setidaknya sebulan sekali, di tahun 2017 prosentase tersebut meningkat menjadi 65%. Konsumen yang mengkonsumsi Teh Siap Minum setidaknya seminggu sekali juga meningkat dari 30% di tahun 2007 menjadi 36% di tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)