Mengapa Karir Sales dan Marketing Paling Diminati?

Survei yang digelar Karir.com kepada 6.350 responden tentang "Potret Perilaku Profesional Berdasarkan Usia dan Level Pekerjaan di Kota-Kota Besar di Indonesia" menunjukkan bahwa 61 persen profesional menjadikan internet sebagai sumber utama untuk mendapatkan informasi karir. Selanjutnya, disusul 29 persen mendapatkan informasi dari teman dan 6 persen informasi lowongan bersumber dari koran.

Dino Martin, CEO Karir.com

Dino Martin, CEO Karir.com

Temuan lainnya, secara umun profesional Indonesia berpikir akan pindah karir setelah bekerja di atas 2 tahun. Namun, jika dianalisis berdasarkan usia, ternyata mereka yang berusia 20 hingga 25 tahun dan di level staf memiliki tingkat presentasi untuk pindah kerja dalam kurun waktu 6-12 bulan.

Bicara soal tingkat kepuasan gaji, hanya 28 persen responden merasa puas. Dari sisi usia, tingkat kepuasan gaji paling rendah ada di usia 20-25 tahun. Sementara itu, tingkat kepuasan gaji paling tinggi ada di usia 26-30 tahun. Adapun berdasarkan level, tingkat kepuasan gaji paling tinggi berada di level direktur.

Selain gaji, berdasarkan survei tersebut, terungkap bahwa 42 persen responden menjawab bahwa suasana kerja menjadi hal yang membuat mereka bertahan. Hal lainnya, 22 persen bertahan karena ada jenjang karir, 19 persen karena lokasi, 9 persen karena reputasi dan kultur, serta 1 persen lantaran CEO.

Dipaparkan Dino Martin, CEO Karir.com, "Saat ini, minat para pencari kerja masih didominasi oleh lima industri. Kelimanya secara berturut-turut, industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods), perbankan, telekomunikasi, media dan TI (Teknologi dan Informasi), serta manufakturing."

Adapun posisi yang banyak dibutuhkan adalah Sales dan Marketing. Menurut Dino, pada saat ia mendirikan perusahaan head hunter, lebih dari 30 persen para pencari kerja mencari posisi untuk sales dan marketing. Itu artinya, sales makin diminati karena banyak perusahaan yang melakukan pemekaran bisnis mereka hingga ke daerah lewat pembukaan cabang. Terbukti, bisnis-bisnis di daerah berkembang pesat.

Ditambahkan Dino, "Jika sales berkembang karena pemekaran geografi, maka minat dunia marketing bertumbuh karena ada pemekaran fungsi. Itu sebabnya muncul jabatan baru, seperti SEO (Search Engine Optimizition) Manager dan Digital Marketing Manager. Jabatan itulah yang kini banyak dibutukan perusahaan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)