Menyimak ZMOT Konsumen Otomotif di Indonesia

Zero Moment of Truth (ZMOT) produk otomotif terjadi di media internet. Lantaran, otomotif menjadi salah satu informasi yang paling dicari konsumen Indonesia di internet, dalam hal ini platform mesin pencari. Hal itu dibuktikan melalui laporan Google-Kantar TNS The Drive to Decide Study Indonesia pada tahun 2017 yang menyebutkan bahwa penelusuran otomotif melalui internet mengalami kenaikan 1,3 kali.

Dari seluruh penelusuran tersebut, 45%-nya mencari tahu tentang mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Selanjutnya, diikuti oleh pencarian mobil jenis SPV (Sport Utility Vehicle), yang sebesar 17%.

Fakta menarik lainnya adalah penelusuran sepeda motor. Ternyata, terjadi kenaikan sebesar 1,6 kali terkait pencarian informasi tentang sepeda motor. Kenaikan tersebut dipicu oleh oleh produk skuter-matic.

Keyakinan para pembeli mobil di Indonesia makin tinggi usai mereka menonton videonya secara online. Laporan Google menyebutkan, ada 82% pembeli mobil yang online mengaku bahwa mereka jadi lebih yakin terhadap mobil atau produsen tertentu setelah menonton videonya secara online. Bahkan, 65% pembeli mobil yang online mengatakan berkat video online, mereka jadi tahu jenis kendaraan yang sebelumnya mereka tidak pertimbangkan.

Fakta yang tak kalah menarik adalah dealer sebagai salah satu kanal penjualan otomotif mampu menjadikan internet sebagai ZMOT. Sebab, 78% pembeli mobil yang online menemui dealer melalui penelusuran. Sementara 76% pembeli yang online mencari harga dan promo sebelum pergi ke dealer. Dan, 60% pembeli mobil yang online terus mencari informasi tentang mobil saat sedang di dealer.

Laporan ini juga menjumpai 1,4 kali kenaikan penelusuran merek mobil selama pameran. Hal ini karena didorong oleh mobil model baru. Adapun penelusuran merek mobil mencapai puncaknya seminggu sebelum masa pameran dan tetap tinggi sampai pameran berakhir. Dan, isu yang paling dicari di internet selama masa pameran antara lain lokasi, promosi, harga tiket, dan peluncuran mobil baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)