Merek-merek Private Label Dipersepsi Positif oleh 66 Persen Konsumen Indonesia

Nielsen mengeluarkan hasil surveinya yang bertajuk “Nielsen Global Private Label Survey 2014” mengenai persepsi masyarakat Asia Tenggara mengenai merk private label atau merk toko. Beberapa aspek yang diukur pada survei yang melibatkan lebih dari 30.000 responden tersebut adalah pandangan konsumen terhadap kualitas, nilai ragam dan kemasan merk private label. Salah satu negara yang terlibat dalam survei itu adalah Indonesia.

research

“Nielsen Global Private Label Survey 2014”

Secara umum, terdapat tren meningkatnya persepsi masyarakat mengenai private label. Sebesar 66% konsumen Indonesia memiliki persepsi baik terhadap merek private label. Bahkan, tujuh dari sepuluh responden (71%) menyatakan bahwa merk private label tersebut bisa dijadikan alternatif dalam pembelian. Sebaliknya, pandangan mereka terhadap kualitas produk jauh lebih rendah. Hanya 35% konsumen berpendapat bahwa kualitas produk private label dapat menandingi kualitas produk merk lain. menyatakan bahwa merk private label tersebut bisa dijadikan alternatif dalam pembelian.

Sementara itu dari segi harga, hanya 46% responden Indonesia yang percaya bahwa merek private label menawarkan nilai harga sesuai, dimana persentase tersebut merupakan yang terendah di Asia Tenggara dan merupakan peringkat enam terbawah secara global.

Lebih dari 67% konsumen Indonesia mengakui bahwa mereka membeli produk private label untuk menghemat dan mereka lebih menyukai jika produk private label juga menawarkan harga bersaing/nilai tambah, produk nasional yang setara, dan produk-produk premium. “Merk private label di Indonesia perlahan semakin bertumbuh, namun tingginya loyalitas konsumen Indonesia terhadap suatu merek merupakan tantangan besar bagi para peritel yang menjual produk private label.” tutup Anil Antony, Executive Director, Nielsen Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)