
Dari angka pertumbuhan pendapatan di industri hiburan dan media di Indonesia tersebut, kontribusi terbesar adalah video internet yang mencapai 30% atai US$ 61 juta. Jika pada tahun 2016 video internet di Tanah Air berhasil menghimpun US$ 24 juta, maka tahun 2021 angkanya diperkirakan mencapai US$ 85 juta.
Pertumbuhan video internet yang pada 2016 ke 2021 mencapai 28,5%, rupanya dibarengi juga dengan media-media lainnya yang berbasis digital. Masih menurut laporan tersebut, iklan internet akan mencapai pertumbuhan 21,8%, video games mencapai 16,7%, dan internet akses yang mencapai 11%.
Bagaimana dengan media konvensional? Iklan TV diperkirakan masih akan tumbuh 10,4%. Smentara itu, iklan luar ruang tumbuh 8,2%, radio meningkat 4,5%, majalah naik 2,6%, koran tumbuh 2,1%, dan bioskop naik 4,9%. Hanya buku yang diperkirakan turun di 2021, yakni minus 0,3%.
(Simak ulasan dan infografis lengkapnya pada Majalah Mix edisi Agustus 2017)