Pemirsa Indonesia Habiskan 197 Jam Untuk Menonton Sinetron

Hasil riset Nielsen tentang pengukuran pemirsa TV 2012, menunjukkan bahwa sampai saat ini, konsumsi media televisi masih memimpin total konsumsi media, yaitu sebesar 94 persen dari total populasi media konvensional di Tanah Air. Dalam sehari, pemirsa bisa menghabiskan sekitar 4,5 jam duduk di depan TV, dan 24 persen dari total waktu tonton mereka dihabiskan untuk menonton sinetron.

Televisi masih menjadi media yang paling banyak dikonsumsi pemirsa, yaitu sebesar 94 persen dari total populasi media di Indonesia.

“Meskipun di tahun 2012 sejumlah channel televisi ramai-ramai menyuguhkan acara pencarian bakat, namun ternyata sinetron masih menjadi acara televisi yang paling banyak dikonsumsi pemirsa Indonesia. Jika diakumulasi, dalam setahun, pemirsa bisa menghabiskan sekitar 197 jam untuk menonton sinetron,” ungkap Managing Director Media Nielsen Indonesia Irawati Pratignyo dalam pemaparan hasil riset Nielsen Audience Measurement 2012, hari ini (6/3), di Jakarta. Dalam hasil riset tersebut disebutkan, acara hiburan termasuk di dalamnya adalah acara pencarian bakat, komedi, musik, permainan, dan sebagainya memperoleh porsi tonton terbesar kedua, yaitu sekitar 20 persen atau selama 168 jam selama setahun. Walaupun genre acara pencarian bakat memimpin perolehan penonton di sepanjang 2012, sejumlah program khusus pertandingan sepakbola tercatat sebagai program paling populer sepanjang tahun 2012. Diantaranya adalah AFF Suzuki Cup Malaysia vs Indonesia yang ditonton oleh lebih dari 5,8 juta pemirsa dengan poin rating 10,9; Hassanal Bokiah Trophy Indonesia vs Brunei dengan jumlah pemirsa lebih dari 5,1 juta (9,6); dan Pertandingan Persahabatan Indonesia vs Inter Milan yang ditonton lebih dari 4,6 juta pemirsa (8,8). Sementara itu, beberapa program khusus lain juga tercatat menarik banyak pemirsa, seperti Dahsyatnya Awards tercatat ditonton lebih dari 3,1 juta pemirsa ( 5,9). Lalu acara Apa Kabar Indonesia Malam pada saat penetapan dimulainya bulan Ramadhan, meraih lebih dari 3 juta pemirsa (5,7). Terakhir, film layar lebar Avatar juga cukup banyak menarik perhatian pemirsa, dengan lebih dari 2,8 juta penonton (5,3).
Tags:
nielsen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)