Seberapa Besar Instagram Mempengaruhi Pembelian Produk Fashion?

Laporan yang dirilis Dana Rebecca Designs menunjukkan bahwa plaform Instagram memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen untuk produk fashion atau kecantikan. Laporan yang men-survey 2.000 orang pengguna instagram tersebut mengungkapkan bahwa 72% responden mengaku melakukan keputusan pembelian setelah mereka melihat produk di jejaring sosial Instagram.

Berdasarkan segmen market, maka 74% millennial mengaku memutuskan untuk membeli produk fashion atau kecantikan usai mereka melihat postingan di Instagram. Sementara itu, responden Gen X, jumlahnya mencapai 63%. Pada segmen baby boomers, jumlahnya lebih rendah lagi, yakni 54%. Item produk yang paling sering mereka beli usai melihat postingan di Instagram adalah baju, make-up, sepatu, dan perhiasan.

Selanjutnya, 29% responden mengatakan bahwa mereka telah membeli perhiasan atau aksesoris perhiasan setelah melihat postingan produk tersebut di Instagram. Jika ditilik dari segmennya, maka Instagram sangat mempengaruhi pembelian perhiasan di segmen millennial, yakni mencapai 60%. Selanjutnya, Gen X 45% dan baby boomers 19%.

Fakta menarik lainnya adalah satu dari tiga responden mengaku menggunakan Instagram untuk membantu mereka ketika tengah berada di dalam toko. Ada 33% millennial yang melakukan hal tersebut. Sementara Gen X 28% dan baby boomers 16%.

Lantas, jenis konten seperti apa yang paling mempengaruhi pengguna Instagram? Slideshow menempati peringkat yang tertinggi (39%), video (28%), iklan (18%), dan private message (15%). Yang menarik, pria ternyata dua kali lebih tinggi dibandingkan wanita dalam memutuskan pembelian produk fashion maupun perhiasan. Sebab, mereka terpengaruh oleh konten berupa private message.

Sementara itu, seberapa sering pengguna Instagram mem-posting konten terkati fashion, style, dan kecantikan? Hasilnya, 37% responden mengatakan kadang-kadang, 25% mengaku jarang, 21% mengatakan tidak pernah, 12% mengaku sering, dan 5% mengaku sering. Adapun pria ternyata setengah kali lebih rendah dalam me-posting konten terkait fashion, style, dan kecantikan.

Masih merujuk laporan tersebut, 50% responden mengaku bahwa Instagram merupakan platform social media yang paling mempengaruhi shopping habit mereka. Selanjutnya diikuti oleh Facebook 23%, Pinterest 22%, Twitter 3%, dan Snapchat 1%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)