Semester I 2016 ini, total belanja iklan di 13 stasiun TV nasional mengalami kenaikan 49%. Itu artinya, total perolehan belanja iklan di ke-13 TV nasional itu menyentuh angka Rp 49,2 triliun, dari yang hanya Rp 32,9 triliun pada semsester I 2015 lalu. Demikian menurut catatan Adstensity melalui rilis yang disampaikan ke MIX hari ini (3/8).
Dengan perolehan tersebut, RCTI sebagai stasiun televisi swasta pertama di Tanah Air rupanya masih kuat memimpin. RCTI sanggup menghimpun pendapatan kotor dari iklan sebesar Rp 7,4 triliun pada Semester I 2016 ini. Artinya, perolehan RCTI pada semester I 2016 itu meningkat dibanding periode yang sama di tahun lalu, yakni Rp 4,7 triliun.
Di posisi kedua, masih ditempati oleh SCTV, yang pada semester satu ini menutup pendapatannya dengan nilai Rp 6,7 triliun. Alias, meningkat dibanding semester I tahun lalu, yakni sebesar Rp 4,7 triliun.
Peningkatan pendapatan kotor juga dialami oleh MNC TV. Stasiun TV swasta yang juga milik Hari Tanoe itu memperoleh pendapatan Rp 5,5 triliun, meningkat ketimbang periode yang sama tahun lalu yakni Rp 3,843 triliun.
Sementara itu, TVRI sebagai satu-satunya TV pemerintah, tampak masih terseok-seok di urutan paling buncit, dengan raihan Rp 31,3 milliar. Meski demikian, kinerja TVRI yang sudah mulai bebenah diri itu masih jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai Rp 12 miliar.