Tahun ini, PT Sido Muncul Tbk. kembali menggelar program “Mudik Gratis Sido Muncul” untuk yang ke-26 kalinya. Tak kurang dari 20 ribu orang dengan menggunakan 320 bus diantarkan Sido Muncul menuju kampung halaman mereka masing-masing. Persisnya, ke tujuh kota tujuan, seperti Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, solo, Wonogiri, dan Yogyakarta.
Ya, program Mudik Gratis Sido Muncul merupakan tradisi perusahaan sekaligus bagian dari wujud terima kasih dan apresiasi Sido Muncul kepada masyarakat. Terutama, kepada mitra-mitra Sido Muncul seperti pedagang jamu dan pedagang asongan. Sebagai pinoir di program Mudik Gratis—dimana program tersebut telah digelar sejak tahun 1991—program Mudik Gratis Sido Muncul telah memetik sederet prestasi. Antara lain, penghargaan dari Menteri Perhubungan RI, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, dan paling anyar Lembaga Prestasi Indonesia Dunia.
Namun, ada yang berbeda pada perhelatan program Mudik Gratis Sido Muncul kali ini. Ya, momen pelepasan Mudik Gratis yang digelar di Lapangan Parkir Barat, Pekan Raya Jakarta, pada hari ini (12/7), dimanfaatkan Sido Muncul untuk meluncurkan dua produk anyarnya. Keduanya adalah Tolak Linu dan dan Tolak Angin Care, yang merupakan ekstensifikasi merek Tolak Angin.
Dijelaskan Irwan Hidayat, Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk., Tolak Linu adalah produk herbal dalam bentuk cair yang membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi. Sebelumnya, Sido Muncul sudah memiliki jamu Pegal Linu dalam bentuk bubuk. Kali ini, memanfaatkan nama besar Tolak Angin, Sido Muncul meluncurkan Tolak Linu dalam bentuk sachet dan cair, yang menawarkan kepraktisan bagi konsumen Indonesia.
“Sedangkan Tolak Angin Care adalah varian Tolak Angin dalam bentuk minyak angin aromatherapy berkemasan roll on botol 10 ml. Tolak Angin Care menawarkan khasiat dan kegunaan berupa sensasi yang menyegarkan untuk meringankan masuk angin, sakit kepala, perut kembung, gejala flu, gatal karena gigitan serangga, serta sebagai minyak angin aromatherapy,” papar Irwan.
Sebelum diberangkatkan menuju kampung halaman, para pemudik dibekali produk Tolak Linu dan Tolak Angin Care untuk menemani mereka selama perjalanan mudik. Bahkan, mereka lebih dulu dihibur oleh sejumlah artis yang selama ini menjadi brand endorser sekaligus bintang iklan dari produk-produk Sido Muncul. Sebut saja, Vega Darwanti, Donny Kesuma, Nadine Chandra Winata, dan vokalis band Kotak Tantri—yang bakal menjadi brand endorser untuk produk Tolak Linu.
“Kedua produk baru tersebut akan ada di pasar mulai hari ini. Sementara itu, untuk iklan TV Commercial (TVC)-nya, rencananya akan tayang pada bulan depan untuk produk Tolak Linu dengan brand endorser Tantri Kotak. Sedangkan iklan TVC untuk Tolak Angin Care, akan kami tayangkan dalam dua bulan ke depan,” tutup Irwan, yang menyebutkan program Mudik Lebaran kali ini menghabiskan dana tak kurang dari Rp 5 miliar, yang dananya diambil dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar 50% dan promosi sebesar 50%.