Blibli.com Dukung 4 Creativepreneur Muda Ini Bertransformasi

Usai melalui proses panjang sejak Agustus 2017 lalu, akhirnya program kompetisi bagi para creativepreneur muda, The Big Start Indonesia Season 2, memasuki masa akhir. Pada hari ini (23/11), program yang diprakarsai oleh Blibli.com tersebut telah memasuki babak Grand Final.

Digelar di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, grand final The Big Start Indonesia Season 2 mengumumkan empat finalis terbaik yang berhak memasuki babak grand final. Mereka adalah Oyoh De Kerupuk Jengkol (Imas Mintarsih-Sumedang), Uttara (Kris Samuel-Bandung), Indhe Bags (Ineu Mardiani-Jakarta), dan Ammossi (Ecky Anugrah-Jakarta).

Keempatnya berhasil mengungguli 20.000 peserta lainnya dan berhasil melewati proses karantina dengan menyisihkan 16 finalis lainnya. Dijelaskan I Gusti Ayu Fadjar, Senior Vice President Marketing Blibli.com, selama masa karantina, finalis menerima tantangan dari para juri dan juga dibekali dengan financial planning, e-marketing, customer service, logistic, legal, hingga strategi pemasaran produk melalui platform digital. "Harapannya, ke depannya mereka dapat mengelola bisnis secara lebih luas dan profesional," harapnya.

Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi juara pertama, kedua, ketiga, dan keempat, kata Ayu, mereka harus mampu mempresentasikan tranformasi bisnis mereka pasca melewati proses mentoring atau karantina. Juri yang didaulat pada proses grand final berbeda dengan juri pada saat mereka berada di karantina.

Para juri di grand final adalah Nadiem Makarim selaku CEO Go-Jek Indonesia, Martin Hartono selaku CEO GDP Venture, dan Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com. "Masing-masing finalis mendapatkan kesempatan selama tujuh menit untuk melakukan presentasi mengenai transformasi produk dan perencanaan bisnis mereka di depan dewan juri dan diteruskan dengan tujuh menit sesi tanya jawab dengan para juri. Finalis akan dinilai dari sisi startegi pengembangan produk (35%), prospek keuangan (35%), dan proses pitching (30%)," paparnys.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa di grand final ini, para finalis akan menampilkan transformasi dari produk mereka menjadi produk yang lebih baik dari sisi kualitas produk dan lebih disesuaikan untuk target pasarnya. "Tentu saja kami optimis, setelah The Big Start Indonesia ini, produk mereka siap naik kelas dan bersaing di skala yang lebih besar. Termasuk, memperoleh akses pemasaran di Blibli.com bersama 100 finalis lainnya," ujarnya.

Ia pun berharap para pemenang bukan sekadar mengejar modal usaha, tapi bagaimana pengalaman mengikuti The Big Start Indonesia dapat dipergunakan oleh para creativepreneur muda lokal sebagai wadah untuk mengasah kreativitas dan keterampilan dalam mengelola bisnis mereka melalui digital platform. "Mereka juga kami harapkan dapat menjadi inspirasi bagi creativepreneur muda lainnya," tuturnya.

Para pemenang akan mendapatkan modal usaha dari Blibli.com, yaitu Rp 500 juta untuk juara ke-1, Rp 300 juta untuk juara ke-2, Rp 200 juta untuk juara ke-3, dan Rp 75 juta untuk juara ke-4. "Selain itu, mereka juga akan mendapatkan bantuan untuk mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk produk mereka," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)