Edukasi Komunitas Barista Melalui “Champions' Hub 2019”

Saat ini, telah terjadi pergeseran perilaku minum kopi di Indonesia. Tidak sekadar mengkonsumsi, kini minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup konsumen. Bahkan, kedai kopi pun sudah menjadi venue pilihan untuk konsumen dalam membangun jejaring sosial mereka. Tren itulah yang dicermati betul oleh Simonelli Group, pemimpin pasar mesin kopi dunia.

Berangkat dari fakta itu, Simonelli memilih Indonesia sebagai tuan rumah Champions’ Hub 2019 yang digelar pada 5-6 Maret di Jakarta. Untuk penyelenggaraan aktivasi bergengsi tersebut, PT Toffin Indonesia dipercaya sebagai fasilitator yang memfasilitasi seluruh kebutuhan teknis dan non-teknis selama acara berlangsung.

Dijelaskan Maurizio Giuli, Head of Marketing & Communication Department Simonelli Group, Champions’ Hub dihadirkan sejak tahun 2018, di mana kegiatan pertama digelar di Simonelli Group Headquarter di Belforte, ltalia. “Champions’ Hub pertama terbuka hanya untuk para National Barista Champion, sedangkan Champions’ Hub Jakarta terbuka untuk semua barista,” katanya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa langkah menghadirkan Champions' Hub 2019 ini di Indonesia adalah untuk makin mendekatkan diri ke pasar Asia. “Sebab, Asia tercatat sebagai kawasan yang pertumbuhan pasar kopinya sangat signifikan, termasuk Indonesia. Hal itu, terbukti dari banyaknya permintaan untuk menggelar acara ini di Asia,” ujarnya.

Menurut Maurizio, misi dari Champions’ Hub adalah untuk memberikan dukungan kepada komunitas barista sehingga dapat meningkatkan kinerja mereka sebagai seorang barista profesional. Termasuk, untuk meningkatkan kinerja para barista dalam mempersiapkan diri ke level internasional. Antara lain, mengedukasi komunitas barista dengan cara memberikan informasi dan pelatihan secara mudah kepada barista. ”Kegiatan ini akan menjadi program berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya di beberapa lokasi lain di seluruh dunia, demi memberikan kemudahan akses untuk para barista,” yakinnya.

Ditambahkan Stephanie Wibisono, Brand Manager Nuova Simonelli & Victoria Arduino Indonesia, Champions’ Hub Jakarta 2019 akan dihadiri lebih dari 38 barista dan pakar kopi dunia. “Terpilihnya Toffin Indonesia sebagai fasilitator kegiatan, karena sepak terjang perusahaan yang turut berkontribusi dalam memajukan industri kopi Tanah Air dalam bentuk suplai mesin kopi berkualitas,” tandasnya.

Selama dua hari penyelenggaraan Champions’ Hub 2019, akan disajikan seminar tentang pengenalan World Barista Championship, peraturan kompetisi, bagaimana barista harus menjadwalkan pelatihan sebelum kompetisi, serta mengenai pentingnya kopi disajikan secara fresh dilihat dari segi scientific.

Di Champions’ Hub 2019, peserta juga dapat melakukan role play untuk melakukan rutinitas kompetisi. Seminar dan pelatihan tersebut akan disampaikan oleh pakar-pakar kopi dunia, antara lain Lauro Fioretti (2016 WBC Certified Judge), Dale Harris (2018 World Barista Champion), Mathieu Theis (2018 3rd World Barista Champion), Hidenori Izaki (2014 World Barista Champion), Michael Yung (WCE Head Judge), Samo Smrke (Coffee Scientist). Selain itu turut dihadiri oleh Mikael Jasin (2019 Indonesia Barista Champion), Tom Balerin (French Barista Champion), Carlos De La Torre (Mexican Barista Champion), dan Mikael Jasin (2019 Indonesia Barista Champion).

Diungkapkan Mikael, Champions’ Hub dapat menjadi wadah menggali ilmu agar bisa berkompetisi di tingkat global. la berharap, kegiatan seminar dan pelatihan taraf internasional seperti Champions’ Hub semakin sering digelar di Indonesia. “Champions’ Hub adalah momen yang tepat untuk mengukur kemampuan barista sebelum bertanding ke World Barista Champhionship. Kita bisa memperbaiki kekurangan atau mengubah strategi agar bisa menjadi juara dunia,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)