Efektivitas 'Fashion Event' Bagi Nissan March

Nissan March Indonesia

Selain telah menjadi trademark bagi Nissan March, Nissan MarchInVashion juga akan menjadi aktivasi merek rutin setiap tahunnya.

Menurut Budi Nur Mukmin, GM Marketing Strategy PT Nissan Motor Indonesia (NMI), segmen city car di Tanah Air sangat kompetitif dan tidak ada satu merek pun yang mendominasi, karena setiap merek memiliki keunikan dan target market yang berbeda. Termasuk Nissan March, yang hadir sejak tahun 2010 total penggunanya mencapai sekitar 40 ribu unit di Indonesia, dan 65 persennya adalah perempuan. Inilah yang melatari lahirnya aktivasi merek MarchInVashion tahun 2014 lalu yang diklaim sebagai The Biggest Fashion Competition di Indonesia. Berdasarkan data dan peluang tersebut, maka tahun ini, NMI pun kembali menggelar aktivasi merek MarchInVashion, yaitu sebuah kompetisi fesyen yang juga bertujuan untuk berkontribusi pada industri fesyen Tanah Air. Mengangkat tema “Inspiration Du Jour”, MarchInVashion tahun ini menargetkan sampai 1.500 desain yang terkumpul. “Melalui program MarchInVashion ini, kami ingin semakin memperjelas brand positioning sekaligus target market kami yaitu mereka yang menggemari fesyen. Jadi bisa dibilang, pengguna-pengguna Nissan March adalah mereka yang fashionable. Tahun lalu, MarchInVashion mendapat respon sangat positif dari masyarakat. Ada 500 desainer dan 900 desain yang ikut kompetisi ini. Dan tahun ini, kami menargetkan 1.000 peserta desainer dan 1.500 desain baru,” ujar Budi. Seberapa efektif MarchInVashion bagi penjualan NMI? Ditegaskan Presiden Direktur NMI Steve Ardianto, event ini tidak ada kaitannya dengan penjualan. “Tujuan utama event ini jelas bukan penjualan, tetapi lebih untuk menumbuhkan brand awareness Nissan March. Kami ingin memperkenalkan Nissan sebagai inovation brand. Dan bagi perusahaan, event ini juga berkontribusi untuk memotivasi kami menjadi perusahaan otomotif yang lebih baik,” ucapnya.

Meski bukan untuk mendorong penjualan, namun kembali dikatakan Budi bahwa saat pertama kali MarchInVashion digelar, penjualan Nissan March sempat tumbuh dari rata-rata 500 unit per bulan menjadi 700 unit per bulan. "Kalau sepanjang tahun lalu total penjualan Nissan March bisa sampai 7.000 unit, tahun ini mungkin hanya sekitar 5.500 unit, karena ada penurunan pasar sampai 15%," imbuhnya.

Kompetisi MarchInVashion akan berlangsung dari 18 November 2015 hingga 28 Maret 2016, dan  terbuka untuk semua bakat muda Indonesia yang berusia antara 18-35 tahun. Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta bisa mendaftarkan diri lewat situs www.marchinvashion.com dan mengunggah karyanya di situs tersebut. Untuk awareness, NMI juga menggelar roadshow di Jakarta dan ke beberapa kota besar Indonesia untuk menggali potensi kaum muda di daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)