Enkasari Natural Freshtival

Nilai bisnis industri kesehatan gigi dan mulut di Indonesia mencapai Rp 1 triliun dalam setahun. Dan, di kategori produk kumur cair mouthwash, Listerine sebagai incumbent masih menjadi market leader dengan penguasaan pasar sebesar 49%. Sedangkan Enkasari, merek produk kumur dari Kimia Farma, menjadi market leader di kategori obat sariawan (dalam bentuk obat kumur juga).

Di industri Farmasi, kinerja Kimia Farma sebagai perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tercatat sangat bagus. Di tengah pertumbuhan industri farmasi nasional yang hanya single digit, sekitar 7%, pada tahun lalu, Kimia Farma justru mampu tumbuh 20% setiap tahunnya. Tahun 2018 lalu misalnya, Kimia Farma mampu mencetak revenue sebesar Rp 7,15 triliun. Selanjutnya, pasca mengakuisisi perusahaan farmasi Phapros pada Maret 2019, Kimia Farma mematok revenue Rp 11,5 triliun pada akhir tahun ini. Itu artinya, naik 40% dibandingkan tahun lalu.

Strategi yang dilancarkan untuk mencapai target tersebut adalah dengan melakukan transformasi bisnis. Pertama, melakukan perluasan produk, dengan tidak melulu fokus di produk farmasi. Di antaranya, dengan merambah ke kategori produk lifestyle dan kosmetik. Kedua, menambah kapasitas produksi. Di antaranya, dengan membangun pabrik baru di Banjaran, Jawa Barat. Ketiga, membenahi jaringan distribusi Kimia Farma, baik di modern channel, general trade, hingga digital.

"Dengan transformasi ini, kami menargetkan Kimia Farma menjadi peringkat ketiga besar di industri farmasi, di mana saat ini, kami masih di peringkat keempat," aku Pujianto, Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma.

Insight & Activation

Sebagai pemain lama di industri produk kesehatan gigi dan mulut, Kimia Farma tak puas hanya dengan penguasaan pasar di kategori obat kumur sariawan. Dalam rangkaian transformasi bisnisnya, Kimia Farma melakukan perluasan produk ke kategori lifestyle, salah satunya dengan meluncurkan produk kumur cair, Enkasari Mouthwash Herbalcare Protection.

"Enkasari Mouthwash menjadi merek pertama yang berani mendeklarasikan sebagai produk mouthwash yang Halal karena free alcohol. Selain itu, Enkasari Mouthwash juga memiki kandungan herbal protection dan sugar free. Enkasari Mouthwash memiliki tiga varian rasa, yakni Peppermint, Freshmint, dan Citrusmint," tutur Pujianto.

Resmi diluncurkan pada akhir April (27/4) di Jakarta dan Bandung, Enkasari Mouthwash dikemas melalui aksi kumur bersama bertajuk "Enkasari Natural Freshtival". Aktivasi digelar secara serentak di dua tempat, Jakarta (di destinasi wisata Dunia Fantasi) dan Bandung. Pada aksi kumur bersama dengan produk Enkasari Mouthwash, Kimia Farma melibatkan ribuan masyarakat maupun keluarga karyawan Kimia Farma.

Menurut GM Sales & Marketing CHP Kimia Farma Arief Nugroho, melalui aksi kumur bersama ini, Kimia Farma ingin memperkenalkan produk kumur cair mouthwash yang halal, karena free alcohol. Peluncuran ini bertepatan dengan momen Ramadan tahun ini, yang jatuh pada awal Mei 2018.

"Untuk itu, pada sepanjang Ramadhan 2019, kami akan melakukan roadshow ke 33 mesjid di 10 kota di Indonesia. Melalui roadshow tersebut, kami akan melakukan edukasi market bahwa masyarakat tak perlu khawatir dengan kehalalan produk kumur cair, karena Enkasari Mouthwash jelas halalnya, karena sudah free alcohol," ucapnya.

Lebih lanjut Arief menargetkan, dengan kehadiran Enkasari Mouthwash, Kimia Farma dapat meraih market share sebesar 7% di pasar produk kumur cair mouthwash dan market share 15% untuk total produk Enkasari. "Untuk itu, kami juga mematok produksi Enkasari Mouthwash sebanyak 1 juta botol dan 3 juta botol untuk total produk Enkasari," ujarnya. 

Result

Aksi Kumur Bersama Enkasari Mouthwash berhasil melibatkan 1.831 orang (1.331 orang di Jakarta dan 500 orang di Bandung). Dengan angka itu, Enkasari berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Aksi Kumur Bersama Menggunakan Enkasari Mouthwash.

Sebulan sebelumnya, produk unggulan PT Johnson & Johnson Indonesia (J&J) Listerine mengajak 1.300 pelajar SMP di Jakarta berkumur menggunakan Listerine secara serentak, persis bertepatan dengan World Oral Health Day pada Maret 2019 lalu. Listerine pun berhasil memecahkan rekor MURI.

Dari sisi interaktivitas, event ini cukup bagus. Resti (28), seorang ibu rumah tangga di Bogor menilai acara ini seru. “Selain bisa bersilaturahmi dengan keluarga dari teman-teman suami, saya juga bisa jalan bersama suami dan anak untuk menikmati berbagai wahana di Dunia Fantasi (Dufan). Ini pertama kali saya ikut jalan-jalan bersama keluarga besar Kimia Farma,” katanya.

“Acara ini ada doorprize dengan berbagai hadiah yang sangat menarik, ini keren,” kata Neni (42), seorang ibu rumah tangga dari Tangerang yang membawa dua anak dan sepupu-sepupunya ke acara ini. “Selain mau ikut acara dan ingin tahu produk baru Enkasari, saya juga ingin menikmati berbagai wahana di Dufan bersama keluarga. Sebab, saya sudah lama juga tidak ke Dufan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)