FIFA WORLD CUP RUSSIA 2018 TRANSMEDIA

Best of the Best Brand Building Activation

The Most Experiential Brand Activation 2018

Pada perhelatan Piala Dunia tahun ini, Transmedia memperoleh kesempatan menjadi licensed broadcaster television and satellite. Perdana menyiarkan Piala Dunia, Transmedia bekerja sama dengan unit usaha lainnya di CT Corp seperti Carrefour - Transmart, Coffee Bean, Wendy’s, Trans Luxury Hotel, Trans Studio, dan KidCity mengadakan berbagai aktivitas bertemakan World Cup Russia 2018, baik aktivitas di internal perusahaan maupun eksternal.

Ada tiga kegiatan internal yang dilakukan Transmedia yang melibatkan seluruh karyawan Transmedia, antara lain Jersey Day, Photo and Video Competition, dan Internal Branding. Untuk membangun ambience dan spirit Piala Dunia, seluruh karyawan Transmedia dan karyawan unit usaha lainnya di group CT Corp yang jumlah totalnya sekitar 150.000 orang ikut meramaikan dengan menggunakan kostum sepak bola/jersey setiap hari Jumat pada periode Maret – Juli 2018.

Lalu, pada April – Juni 2018, Transmedia mengadakan program Best Photo and Video Competition dengan tema Piala Dunia yang ditujukan untuk seluruh karyawan CT Corp dengan total hadiah puluhan jutaan rupiah. Setiap minggunya, Chairul Tanjung selaku Chairman CT Corp mengumumkan lima pemenang Best Photo and Video melalui official account Instagram CT Corp.

Selain Jersey Day dan kompetisi foto, Transmedia juga melakukan internal branding di area Gedung Transmedia dengan desain bernuansa Piala Dunia. Hal ini dimaksudkan untuk menambah semangat karyawan Transmedia dalam menyambut Piala Dunia Russia 2018.

Sementara, untuk membangun awareness dan engagement dengan masyarakat, Transmedia juga menggelar deretan aktivasi, seperti social media activation, program Ayo Giring Bola, lomba Kampung Piala Dunia, Nonton Bareng Piala Dunia di 30 titik, dan Konser Piala Dunia.

Transmedia juga rutin mengadakan kuis berhadiah di akun resmi social media Trans TV. Aktivitas yang dilakukan antara lain melakukan beberapa gimmick di social media seperti count down pertandingan perdana Piala Dunia 2018, tebak-tebakan seputar pemain sepak bola, dan memberikan informasi seputar penyelenggaraan Piala Dunia 2018 di Russia.

Sebelum perhelatan dimulai pada 14 Juni 2018, Transmedia melakukan program “Ayo Giring Bola” yang dilaksanakan perdana pada 22 April 2018 di area car free day Sudirman – Thamrin. Program menggiring dua bola raksasa ini disambut positif dan diikuti oleh kurang lebih 1000 partisipan. Berangkat dari kesuksesan kegiatan tersebut, Transmedia kembali mengadakan acara serupa serentak di tiga kota yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya pada hari Minggu, 13 Mei 2018 yang diikuti oleh total 5.000 partisipan.

Transmedia juga mengadakan lomba bertajuk Kampung Piala Dunia yang diadakan pada bulan April – Juni 2018. Berbeda dengan kegiatan serupa, lomba Kampung Piala Dunia ini tidak hanya menghias kampung atau wilayah rumah dengan pernak pernik bernuansa bola, tetapi juga diminta menambahkan unsur grafiti atau mural. Setiap bulannya, Transmedia mengumumkan 10 pemenang lomba Kampung Bola yang berhadiah total lebih dari setengah miliar rupiah.

Selama pertandingan Piala Dunia 2018 berlangsung, Transmedia mengadakan Nonton Bareng Piala Dunia 2018 di 30 titik Carrefour–Transmart yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Manado, Lampung, Padang, dll. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 30 kota dan menyiarkan seluruh pertandingan Piala Dunia dari babak penyisihan hingga final. Tidak hanya menyiarkan pertandingan, Transmedia juga menghadirkan hiburan musik, kesenian dan mengadakan lomba dengan total hadiah jutaan rupiah. Total partisipan yang hadir selama event Nonton Bareng Transmedia di 30 titik tersebut mencapai kurang lebih 350 ribu penonton.

Di penghujung perhelatan Piala Dunia 2018, Transmedia menggelar event bertajuk ‘Konser Piala Dunia’ merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Piala Dunia 2018 Transmedia. Menggabungkan konser musik, off air activity dan nonton bareng, kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 1,4 juta penonton. Nonton bareng di layar raksasa ini dilaksanakan pada 6-15 Juli 2018 di Lapangan Sunburst, BSD City, Tangerang Selatan.

Pada puncak acara Final Piala Dunia, Transmedia bersama Komunitas Double Cabin, Jakarta Morris Club, Mobil VW melaksanakan konvoi dari Gedung Transmedia hingga ke The Brezze lalu dilanjutkan dengan kegiatan menggiring bola raksasa hingga Lapangan Sunburst. Kesuksesan program ini juga ditutup dengan perolehan dua penghargaan dari MURI, antara lain kategori Nonton Bareng Pertandingan Olahraga di Rangkaian Layar LED Terbesar, dan kategori Nonton Bareng Pertandingan Olahraga dengan Pencapaian Jumlah Penonton Terbanyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)