Grand Launching LinkAja, Sistem Pembayaran Digital Sinergi BUMN

Bank Indonesia sejak 2014 silam mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) atau cashles society. Pencanangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis, serta lembaga pemerintah agar menggunakan sarana pembayaran nontunai.

Sayangnya, masyarakat belum seluruhnya mendukung GNNT. Rendahnya inklusi keuangan dituding menjadi faktor penyebab masih maraknya masyarakat melakukan transaksi secara tunai. Hingga 2018, menurut data di Bank Indonesia, sekitar 76% transaksi di Indonesia masih didominasi oleh uang tunai. Inilah tantangan yang dihadapi pemerintah sehingga perlu langkah konkret di lingkungan kementerian untuk mewujudkan program GNNT.

Tantangan lain berkait dengan fitur layanan yang disuguhkan produk uang elektronik untuk melakukan transaksi secara non tunai. Kendati saat ini bermunculan berbagai uang elektonik (e-wallet) sebagai instrumen pembayaran, namun tingkat penetrasinya relatif masih rendah karena dianggap belum memberikan nilai lebih (value) sesuai ekspektasi masyarakat.

Untuk menjawab tantangan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan LinkAja, yakni layanan keuangan berbasis elektronik. Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan LinkAja adalah sistem pembayaran digital yang dikeluarkan lewat sinergi anak usaha Telkomsel yang memiliki produk T-Cash dan tujuh BUMN, yakni bank BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, Pertamina, Asuransi Jiwasraya, dan Danareksa.

“Sebagai hasil dari sinergi berbagai produk keuangan elektronik BUMN, LinkAja memiliki misi untuk memberikan akses layanan keuangan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam rangka mendorong peningkatan inklusi keuangan dan suksesnya GNNT,” ujarnya.

Sementara Danu Wicaksana, CEO LinkAja mengungkapkan, dua tantangan utama dalam meningkatkan inklusi keuangan adalah kebiasaan masyarakat menggunakan uang tunai dan akses terhadap layanan keuangan yang masih terbatas. Oleh karena itu, pihaknya berupaya mengedukasi agar LinkAja semakin dikenal masyarakat. “Tentunya, didukung edukasi tentang keunggulan fitur-fitur LinkAja sehingga masyarakat mau berpindah menggunakan LinkAja dalam bertransaksi sehari-hari,” papar Danu.

Kegiatan edukasi dikemas dalam acara Malam Grand Launching LinkAja bertema “Dari dan Untuk Indonesia” yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu akhir Juni lalu. “LinkAja menyasar ke semua segmen masyarakat dengan obyektif event adalah menciptakan brand awareness dan product knowledge di benak masyarakat. ” imbuhnya.

Insight & Activation

Masuk ke Gelora Bung Karno, tempat berlangsung launching LinkAja, pengunjung disambut dengan kehadiran booth-booth BUMN. Hampir semua booth menyuguhkan layanan terkait dengan LinkAja, termasuk demo cara mengaplikasikannya. Terdapat empat experience booth yang menampilkan fitur dan layanan berdasarkan kebutuhan pengguna, yaitu booth transportasi, layanan finansial, merchant dan produk digital.

Pada area transportasi pengunjung bisa mendapatkan informasi dan pengalaman bertransaksi menggunakan LinkAja di beberapa layanan transportasi seperti kereta api (KAI), Garuda Indonesia, Citilink, Light Rail Transit (LRT) hingga pembayaran nirsentuh di Jasa Marga. Booth ini juga menawarkan pengalaman interaktif kepada para pengunjung melalui simulasi fitur Shake & Scan pada gate LRT Palembang. Tampilan booth tiga dimensi dengan format back to back juga menjadi ajang selfie bagi para pengunjung.

Di area layanan finansial, para pengunjung disuguhi pengalaman untuk mencoba fitur unggulan tarik tunai dengan smartphone melalui ATM yang tersedia di booth. Selain itu, ada pula layanan Instan EKYC (E-Know Your Customer) bagi pengunjung yang ingin melakukan upgrade layanan pada akun LinkAja dari basic service ke full service.

Di area merchant, terdapat berbagai informasi cashback untuk setiap transaksi yang menggunakan LinkAja seperti cashback 25% untuk pembelian BBM di Pertamina. Terdapat lebih dari 50 merchant makanan dan minuman yang tersebar di lokasi event dengan beragam promo menarik.

Sedangkan di area layanan digital, pengunjung dapat menikmati berbagai kemudahan transaksi online menggunakan LinkAja untuk mengisi ulang pulsa, membeli paket data dan membeli kartu perdana Telkomsel. Pengunjung juga berkesempatan mendapatkan cashback langsung setelah melakukan pembelian produk digital.

Kehadiran booth BUMN dan merchant tersebut sejalan dengan fitur dan layanan yang ada pada LinkAja. Misalnya, layanan transaksi pembayaran di 150 ribu lebih merchant, pembayaran 400 lebih tagihan dan produk digital seperti IndiHome, PLN, dan puluhan voucher game online, serta pembayaran belanja online di 20 lebih e-commerce.

LinkAja juga menyuguhkan layanan pembayaran di moda trasportasi Bluebird, Railink, Damri; puluhan partner donasi digital seperti Rumah Zakat dan Baznas; layanan pengiriman uang; hingga fitur-fitur keuangan dan hiburan. Selain itu, LinkAja memiliki titik CICO (Cash In Cash Out) untuk mengisi saldo dan menarik tunai di lebih dari 100 ribu titik, mulai minimarket (Indomaret, Alfamart), Grapari Telkomsel, ATM Link Himbara, ATM Bersama, serta outlet Mitra LinkAja yang jumlahnya mencapai 100 ribu lebih titik.

LinkAja juga menjadi satu-satunya uang elektronik di Indonesia yang melayani remitansi dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Singapura yang ingin mengirimkan uangnya ke keluarganya di tanah air secara mudah, murah, aman, dan cepat. Menurut Danu, Keberadaan LinkAja memperkaya offering yang ada di masyarakat, bukan menawarkan hal yang sama dengan e-wallet yang ada di market.

Event semakin marak dengan kehadiran artis dan penyanyi papan atas, seperti RAN, Candil, Denada, Kahitna, Marion Jola, Via Vallen, serta Jflow membawakan anthem LinkAja di puncak acara. Shierly, 25, misalnya, mengaku senang dapat hadir bersama-teman di event launching LinkAja. “Acaranya seru banget. Edukasi produk lewat booth juga sangat menarik,” ujarnya, pegawai swasta yang tinggal di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. “Saya download aplikasi LinkAja dan menjadi user untuk memanfaatkan cashback dan hadiah,” imbuh Shierly.

LinkAja memberikan kejutan Kejat Kejut (Snap Surprise) berhadiah saldo mulai dari lima ribu hingga satu juta rupiah di setiap booth bagi pengunjung yang melakukan scan QR Code di empat booth tersebut. Event semakin meriah karena dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri kabinet, jajaran direksi dan komisaris seluruh BUMN, serta ribuan karyawan BUMN. Yusuf Kalla bersama Menteri Rini Soemarno sempat meninjau booth sebelum acara puncak pentas musik di panggung utama. Acara usai sekitar pukul 21.30 WIB.

Result

Event aktivasi ini cukup sukses mendatangkan ribuan pengunjung, dari berbagai kalangan yang menjadi target konsumen LinkAja. Event ini juga berhasil menciptakan brand awareness, product knowledge, dan brand experiences di benak pengunjung karena menyuguhkan event seru dan menarik. Secara entitas, LinkAja dibentuk dari sinergi Telkomsel dan tujuh BUMN dengan basis nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia maka membuka peluang besar bahwa edukasi dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Coverage event semakin luas karena kehadiran para jurnalis yang meliput event dan menayangkannya di berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun portal online. Event juga mampu mendongkrak brand awareness lantaran terintegrasi dengan website https://www.linkaja.id, dan akun sosial media LinkAja, seperti Instagram : www.instagram.com/linkaja/, Facebook: www.facebook.com/linkaja.indonesia, Twitter : twitter.com/linkaja, maupun channel Youtube.

Event mampu menciptakan amplitudo pesan dan edukasi kepada khalayak karena banyak pengunjung yang mengunggah keseruan event ke akun sosial media Instagram, Facebook dan Twitter. “Melalui event grand launching ini, kami optimistis LinkAja dapat meningkatkan inklusi keuangan Indonesia menjadi 75% di akhir tahun ini,” kata Danu Wicaksana tandas.

Tags:
BUMN linkaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)