HONDA BIKERS DAY

Honda Bikers Day

Best of the Best Maintaining Loyalty Event

The Most Experiential Brand Activation 2018

Komunitas berperan vital dalam membangun brand. Di ranah pabrikan otomotif misalnya, pemilik brand berupaya merangkul komunitas untuk melanggengkan bisnisnya. Itu sebabnya, PT Astra Honda Motor (AHM) berupaya menjaga engagement dengan komunitas pelanggan melalui berbagai event.

Salah satunya melalui event Honda Bikers Day (HBD) yang melibatkan para bikers pengguna dan pecinta motor Honda. HBD merupakan ajang kumpul (gathering) dan silatuhrahmi komunitas Honda se-Indonesia yang rutin digelar setiap tahun. Menurut General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indrapura, event bertujuan memberikan apresiasi kepada para pecinta motor Honda di seluruh Indonesia, sekaligus memberikan awareness tentang produk teranyar Honda.

Gelaran HBD 2017 berlangsung dalam rangkaian kegiatan selama Agustus-Oktober 2018. HBD diawali di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 26 Agustus 2017. Dilanjutkan HBD di kota Pontianak, tepatnya di Rumah Radakng, Kalimatan Barat, pada 9 September 2017, dan diakhiri HBD di Pantai Akkarena, Makassar pada 23 September 2017.

Setelah gelaran HBD regional di tiga wilayah tersebut, berlanjut ke acara puncak HBD 2017 yang diadakan di Kota Yogyakarta, pada 14 Oktober 2017. Seluruh komunitas bikers Honda dari seluruh pelosok Tanah Air tumpah ruah membanjiri lapangan udara (lanud) Gading, Gunung Kidul yang menjadi tempat gelaran acara puncak HBD 2017 yang mengusung tema “Brotherhood in One Adventure”.

Berbagai atraksi menarik ditampilkan untuk menghibur para bikers, diantaranya aksi dua pesawat ringan yang berputar di atas lanud membawa spanduk sepanjang 800 meter bertuliskan Honda Bikers Day. Disusul aksi terjun payung yang mendarat di tengah-tengah arena, serta pertunjukkan akrobatik lima pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) di atas kerumunan bikers.

Event dimanfaatkan AHM dengan menghadirkan sesi test ride motor-motor terbaru Honda, seperti Honda CRF250RALLY, All New Honda CBR250RR, Honda CBR150R, Honda CB150R StreetFire, dan Honda Supra GTR150 yang diikuti 10 ribu bikers untuk menjajal motor anyar Honda. AHM pun mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui tagline #Cari_Aman dengan mengajak para bikers mengikuti permainan seru bertema safety riding, dan bagi bikers yang telah menempuh perjalanan jauh, tersedia pengecekan unit dengan servis gratis.

Selain itu, AHM juga menyediakan tiga posko peristirahatan bagi para bikers yang berkendara menuju HBD 2017, bagi bikers yang berlokasi di Patuk, Semanu dan Semin, Yogyakarta. Layanan purnajual Honda melalui AHASS yang tersebar sepanjang perjalanan menuju lokasi HBD juga siap memberikan penanganan cepat jika ada kendala teknis yang dialami motor bikers.

Ajang gathering para pecinta Honda semakin spesial dengan adanya booth “Lapak Bikers” yang menjual produk hasil kreativitas para bikers, dan “Humanity Booth” aksi sosial donor darah para bikers. Tak ketinggalan, para bikers bisa mengikuti acara kontes motor Honda modifikasi. Di pengujung acara diisi hiburan musik yang menampilkan artis lokal dan grup band Armada.

Tahun ini, HBD regional 2017 menjadi ajang gathering 2.500 bikers dari 210 komunitas Honda pulau Sumatera, 2.500 bikers dari 108 komunitas Honda pulau Kalimatan, serta 3.000 bikers dari 97 komunitas Honda pulau Sulawesi. Sementara pada acara puncaknya dihadiri sekitar 25.342 bikers dari berbagai komunitas di Tanah Air.

Event diliput berbagai media massa cetak, elektronik, dan portal online hingga mengcover jutaan pembaca. Di platform sosial media, HBD 2017 mampu menjangkau 28.905.225 person via Facebook dan 324.416 persons via Twitter. Pada akun sosial media Facebook, FB User mencapai 23.705, dan Average Friends sebanyak 1.219 Friends. Sementara di akun Twitter, Twitter User mencapai1.637, dan Average Follower sebanyak 198 Followers.

Alhasil, penyelenggaraan HBD regional 2017 yang berlangsung di tiga kota besar Indonesia, mengaet 32.964 bikers, naik 41% HBD 2016 dengan total 23.298 bikers. Termasuk bikers yang hadir di acara puncak di Yogyakarta, jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan acara puncak HBD 2016 yang digelar di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)