The Best Brand Image & Engagement Activation
Indonesia's Most Experiential Brand Activation 2017
Bulan Ramadhan identik dengan bulan penuh kebaikan. Setiap brand menyadari sekaligus memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan program yang mampu 'menyentuh' hati konsumen. Tak terkecuali Asuransi Astra, yang pada Mei 2017-Juni 2017 lalu menggelar kampanye sosial bertajuk Berkah Senyum di beberapa kota Indonesia.
Dalam program Berkah Senyum ini, Asuransi Astra mengajak seluruh masyarakat, tak terkecuali karyawannya, untuk mengunggah foto senyum terbaiknya ke akun social media Instagram dan menyertakan hashtag #BerkahSenyum serta men-tag akun resmi Instagram Asuransi Astra @Garda.Oto pada setiap foto yang diunggah.
Setiap foto yang diunggah nettizen kemudian dikonversikan menjadi paket bantuan yang akan diberikan Asuransi Astra kepada para manula di puluhan panti wreda yang tersebar di 23 kota cabang Asuransi Astra, antara lain Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Kediri, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, dan Manado.
Program #BerkahSenyum dinilai efektif membentuk citra humanis dan people oriented bagi merek Asuransi Astra. Hal ini terlihat dari tingginya respon dan komentar positif dari warganet. Sementara bagi internal, program ini juga berhasil menjadi sarana training bagi karyawan untuk memberikan pelayanan yang simply memorable bagi pelanggan.
Dengan dukungan ribuan warganet melalui kampanye #BerkahSenyum, Asuransi Astra memberikan paket bantuan kepada 5.021 manula yang tinggal di 68 panti wreda di 23 kota di Indonesia. Di sisi lain, selama periode 22 Mei 2017 hingga 19 Juni 2017, program #BerkahSenyum memperoleh nilai publisitas media dengan total PR Value mencapai Rp2,9 miliar.