The Best Product Trial and Sampling
Indonesia's Most Experiential Brand Activation 2017
Februari 2017 lalu PT Panasonic Gobel Indonesia menggelar program activation bertajuk Semarak atau singkatan dari Se-Indonesia Mari Menanak. Untuk memperkenalkan sekaligus mencoba keunggulan produk penanak nasi Panasonic Cooking, program yang digelar di kawasan Jabodetabek tersebut memberikan produk rice cooker secara gratis untuk 500 warteg (warung Tegal).
Dikatakan Ahmad Razaki, AssociateDirector PT Panasonic Gobel Indonesia, perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia, khususnya usaha Warteg, terus meningkat dari tahun ke tahun. Persaingan yang tinggi mendorong pengusaha Warteg berlomba-lomba untuk menyajikan sajian makanan terbaik.
“Itu sebabnya, program Semarak ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Warteg dalam menyediakan kebutuhan pangan masyarakat. Selain itu, program ini sekaligus untuk memperkuat brand kami, khususnya Panasonic Cooking, karena rice cooker merupakan salah satu kebutuhan utama hampir seluruh rumah tangga,” ujar Ahmad.
Sementara, Rika Novita, Manager Small Home Appliances PT Panasonic Gobel Indonesia menuturkan bahwa melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan serta memberikan nilai tambah bagi pemilik warteg. “Kami juga berkerja sama dengan Kharisma Bahari dan Lions Club Jakarta Monas Kalingga untuk membantu dalam pendistribusian unit rice cooker ke warteg. Selain itu, dalam program ini kami juga mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,” katanya.
Selain mendonasikan rice cooker, Panasonic juga menggelar marketing sosial campaign yang pada 1 Januari 2017 hingga 28 Februari 2017, di mana dengan setiap pembelian 1 unit rice cooker stainless series pelanggan akan secara langsung menyumbangkan 1 kg beras kepada yang membutuhkan.