Mem-Branding Jakarta Melalui "Big Bang Jakarta 2018"

Libur akhir tahun menjadi momen bagi keluarga Indonesia untuk berwisata. Berbagai pengelola destinasi wisata pun memanfaatkan momen tersebut untuk menggelar kampanye pemasaran guna menarik minat para wisatawan. Tanpa terkecuali Pemprov DKI Jakarta. Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta memilih "Big Bang Jakarta 2018" sebagai upaya mem-branding  kota Jakarta. Ya, Big Bang Jakarta 2018 resmi dijadikan Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu destinasi perayaan malam tahun baru.

Pameran cuci gudang pertama dan terbesar di akhir tahun di Indonesia itu kembali diselenggarakan oleh PT Expo Indonesia Jaya untuk yang kedua kalinya. Kali ini, program digelar selama 12 hari (21 Desember 2018-1 Januari 2019) di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Mengusung tagline Big Sale Big Entertainment, Big Bang Jakarta tahun ini menyajikan lebih dari 1.000 merek ternama dari berbagai jenis produk seperti FMCG (Fast Moving Consumer Goods), otomotif, elektronik, telekomunikasi, produk lainnya. Selain itu, Big Bang Jakarta juga menyuguhkan berbagai jenis hiburan keluarga, antata lain penampilan dari artis-artis ibukota, community gathering, festival kuliner, pameran lego, dan masih banyak lagi.

Dikatakan Novry Hetharia, Komisaris sekaligus Direktur Operasional PT Expoindo, hari ini (28/12), memasuki hari ke-8, Big Bang Jakarta 2018 telah diserbu oleh lebih dari 300 ribu pengunjung. "Selain diskon besar-besaran hingga 90% untuk semua produk yang ada, hari ini Big Bang Jakarta juga menampilkan Danilla Riyadi dan Fourtwnty di panggung utama," ucapnya.

Ia menerangkan, jika tahun 2017 Big Bang Jakarta telah dikunjungi 420 ribu selama 11 hari penyelenggaraan, maka tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan 30%. “Tahun lalu event ini membukukan transaksi sebesar Rp 700 juta, maka untuk 2018 ini, kami menargetkan transaksi Rp 1 triliun,” patoknya.

Selain pertunjukan di panggung utama, lanjut Novry, Big Bang Jakarta juga menggelar program Musicblast x Anak Muda Event bertajuk South Versity yang akan dimeriahkan oleh 3 Graham Pecah, Crystal Boys, Hanglekir, Azirafly, Seni dan Lagu Jaringan Mahasiswa, dan Sendal Jawa X Pead yang bertempat di Music Garden Stage Big Bang Jakarta. Di South Versity juga dihelat sharing session bareng Dyk Dyka, Bayurandu, dan Adam Anak Muda yang akan membahas seputar perkembangan musik.

"Big Bang Jakarta 2018 juga tetap memanjakan pengunjung dengan ragam festivalnya, mulai dari festival kopi nusantara, festival durian, music & movie garden, hingga Midnight Sale," papar Novry.

Brand yang juga turut memanfaatkan Big Bag Jakarta sebagai salah satu kanal komunikasi dan branding-nya adalah Teh Pucuk Harum milik Mayora Group. Melalui program Pucuk Coolinary Festival X Big Bang Jakarta dihadirkan festival kuliner terbesar yang diikuti oleh lebih dari 100 tenant kuliner favorit dengan ragam pilihan menu. Selain itu, Pucuk Coolinary Festival X Big Bang Jakarta juga menggelar kompetisi super pedas di panggung Pucuk Coolinary Festival X Big Bang Jakarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di Rumah Komunitas Big Bang Jakarta dimeriahkan juga dengan ragam aktivitas seperti sirkus, wali care, tumpah ruah, 1000 Guru, dan lainnya. Tak kalah seru, disajikan juga lelang online dari Blibli.com. Bagi pecinta kopi, Big Bang Jakarta juga menghadirkan ragam kopi nusantara yang dikemas dalam Big Bang Festival Kopi Nusantara. Adapun untuk para traveler yang ingin melakukan perjalanan dengan pesawat, maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group (Sriwijaya Air dan Nam Air) juga masih menggelar Sriwijaya Travel Fair dalam ajang Big Bang Jakarta 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)