Brand Activation

Menggarap Segmen Kuliner Melalui “Pucuk Coolinary Festival”

Delapan perempuan muda tampak asyik menikmati menu makan siang yang mereka beli dari sejumlah booth kuliner. Panas terik yang menyengat rupanya tak mampu membuat mereka beringsut dari acara Pucuk Coolinary Festival 2019, yang digelar di Yogyakarta selama dua hari (30-31 Maret 2019).

Annisa, mahasiswa muda semester empat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, memilih menu makan siang Bakso Chuanki Akang Bandung. Di Zona Pedas, area aneka kuliner pedas, ia bersama tujuh sahabatnya begitu menikmati setiap level kepedasan yang tersaji. Sementara teman Annisa lainnya, yang juga menyukai pedas, memilih menu lain. Di antaranya, Mie Setan, Gudeg Mercon Mbak Tris, Ceker Huhah Jogja, dan sebagainya.

“Ini yang ketiga kalinya aku datang ke festival kuliner. Kebetulan, lokasinya dekat kampus. Yang menarik dan berbeda dari Pucuk Coolinary Festival ini dibandingkan yang festival kuliner lainnya adalah pembagian tiga zona. Ada zona pedas, gurih, dan manis. Dengan zona ini, memudahkan kami pengunjung untuk mencari kuliner yang sesuai dengan selera. Selain itu, harga yang ditawarkan di sini pun lumayan terjangkau,” cerita Annisa di Zona Pedas Pucuk Coolinary Festival, pada hari ini (30/3), di Yogyakarta.

Ya, festival kuliner terbesar di Yogyakarta bertajuk “Pucuk Coolinary Festival” resmi dibuka pada hari ini (30/3). Sebagai kota pertama yang disinggahi pada tahun 2019, Kepala Seksi Pelayanan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Marlina Handayani, S.Pd, M.M dan National Sales & Promotion Head PT Mayora Indah Tbk., Henry David Kalangie menghadiri prosesi ”opening ceremonial” Pucuk Coolinary Festival di Lapangan Mandala Krida, Yogyakarta.

Diungkapkan Henry, setelah sukses digelar di Bandung dan Malang pada tahun 2018 lalu, tahun ini Teh Pucuk Harum kembali melanjutkan sekuelnya di tahun ini. Ada lima kota yang akan disasar dari program Pucuk Coolinary Festival 2019. Kelimanya adalah Yogyakarta, Palembang, Medan, Makassar, dan Denpasar.

“Festival ini melibatkan lebih dari 100 tenant, yang merupakan pelaku bisnis kuliner UMKM yang ada di daerah Yogyakarta. Dipilihnya Yogyakarta, karena daerah ini dikenal juga sebagai destinasi wisata kuliner yang banyak diminati wisatawan. Tahun ini, Yogyakarta menjadi kota pertama dari roadshow Pucuk Coolinary Festival,” ucapnya.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa program Pucuk Coolinary Festival merupakan strategi Teh Pucuk Harum dalam menggarap segmen kuliner. “Jika selama ini Teh Pucuk Harum sudah menjadi market leader di pasar Ready to Drink Tea (RTD Tea) untuk general trade, dengan penguasaan pasar sebesar 56%, maka tahun ini kami ingin meningkatkan pangsa pasar kami menjadi 60-70% di 2019 ini. Salah satunya, dengan masuk ke segmen kuliner,” Henry menargetkan.

Ditambahkan Brand Manager Teh Pucuk Harum Yustina Amelia, Pucuk Coolinary Festival hadir dalam tiga zona rasa, yaitu Pedas, Manis, dan Gurih. “Teh Pucuk Harum ingin memberikan pengalaman wisata kuliner dimana para foodies (penikmat kuliner) bisa bebas menikmati aneka kuliner favorit Yogyakarta langsung dalam satu tempat,” tuturnya.

Selain berpuas diri dengan berburu aneka kuliner, selama dua hari lidah dan perut foodies akan dimanjakan oleh beragam sesi makan yang seru di Pucuk Coolinary Festival. Sesi “Happy Hour” yang menawarkan harga spesial di jam-jam tertentu yaitu potongan harga senilai 10.000 yang berlaku di semua tenant. Tak hanya itu, Teh Pucuk Harum akan ”Bagi-bagi 10.000 Tusuk Sate Klathak Pak Jede” selama acara berlangsung, dimana per harinya dibagi 50.000 tusuk sate. Caranya pun mudah, cukup menukar dua botol Teh Pucuk Harum.

Pucuk Coolinary Festival juga menyuguhkan banyak kegiatan seru yang menghibur seperti kompetisi Spicy King Noodle Contest, hingga menyaksikan Live Action Mural Painting dari Jamal M.Aziz a.k.a Lapantigatiga, seorang ilustrator ternama di Indonesia.

Sementara program untuk para tenant Selama dua hari, lanjut Yustina, ratusan tenant kuliner yang terlibat akan berlomba mendapat voting terbanyak dari para pengunjung. Pemenang favorit dari setiap zona rasa akan mendapat hadiah uang tunai senilai jutaan rupiah untuk memajukan bisnis kulinernya.

“Foodies yang berpartisipasi dalam memilih tenant kuliner favoritnya bisa berkesempatan mengikuti undian berhadiah untuk mendapatkan grand prize 1 unit sepeda motor Yamaha NMAX yang akan dibagikan setiap harinya,” paparnya.

(Simak sajian lengkap brand activation Pucuk Coolinary Festival 2019 di Majalah MIX edisi April-Mei 2019)

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

22 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

23 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

2 days ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

2 days ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago