Mixagrip Explore Budaya Indonesia

Business Challenge

Persaingan pasar obat flu dan batuk di Tanah Air cukup sengit menyusul hadirnya brand baru di kategori ini, baik berupa kemasan tablet maupun cair. Di lain pihak, Pemerintah mengimbau swasta untuk ikut mempromosikan budaya dan potensi kuliner Nusantara—antara lain melalui program Gowes Pesona Nusantara. Mempertemukan dua kepentingan itu, Kalbe menyelenggarakan aktivasi on the ground bertajuk Mixagrip Explore Budaya Indonesia 2017.

Feni Herawati, Deputy Marketing Director Consumer Health Division PT Kalbe Farma Tbk., mengatakan event ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia peduli kesehatan dengan berolahraga sepeda, sekaligus mengenal dan mencintai budaya kuliner serta potensi wisata Tanah Air.

Mixagrip Explore Budaya Indonesia digelar di Lapangan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Minggu pagi (5/8), dihadiri ribuan warga ibukota dan sekitarnya. “Event ini mengawali event serupa yang akan digelar di beberapa kota di Indonesia dan ditutup di Danau Toba, Pulau Samosir, pada Oktober 2017 mendatang,” ujar Feni didampingi artis Laudya Cintya Bella sebagai brand ambassador Mixagrip.

Kota yang menjadi ajang penyelenggaraan Mixagrip Explore Budaya Indonesia antara lain Banjarmain, Serang, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Cirebon, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta yang akan melibatkan lebih dari 20.000 peserta.

Insight & Activation

Kemeriahan event sudah terlihat sejak pukul 06.00 WIB pagi, Ribuan pengunjung memadati Lapangan Pondok Pinang. Event dibuka dengan senam BuGar (Budaya Olahraga dan Tari) Mixagrip, yakni senam yang dikombinasikan tari daerah kreasi tim Kalbe. Dilanjutkan acara gowes sepeda sehat yang dikuti ratusan penggowes dari berbagai komunitas sepeda. Gowes sehat menempuh rute Pondok Pinang – Bungur Raya – Kantor Walikota Jakarta Selatan – Taman Ayodia.

Nuansa kuliner terasa kental karena di lokasi event berdiri ratusan booth kuliner yang menjajakan berbagai makanan khas Nusantara, seperti bakso, sate, pecel, hingga empek-empek Palembang. Tak ketinggalan, musik dan tarian dari budaya Betawi disajikan untuk menghibur pengunjung.

“Acaranya menarik. Acungin jempol buat Mixagrip yang ikut melestarikan kuliner, olahraga sepeda dan edukasi kesehatan,” ujar Anshori, warga Cipete, Jakarta Selatan, yang hadir mewakili komunitas sepeda Cipete.

Helmin Agustin, MedicalManager Kalbe Farma di depan pengunjung mengedukasi Mixagrip sebagai obat flu dan batuk yang aman dikonsumsi. “Tidak perlu mengkonsumsi antibiotik untuk mengobati penyakit flu dan batuk, namun minum obat flu dan batuk yang benar. Jika masih berlanjut konsultasikan dengan dokter,” pesannya.

Selain itu, imbuh Helmim, virus flu dan batuk mudah menular melalui medium udara sehingga pasien flu dan batuk sebaiknya memakai masker. Pada event itu Kalbe membagikan masker kepada seluruh pengunjung yang hadir.

Disinggung soal edukasi kesehatan, Feni Herawati mengaku bahwa obyektif yang ingin dicapai dari penyelengaraan Mixagrip Explore Budaya Indonesia adalah meningkatkan brand awareness agar tercipta top of mind brand Mixagrip di benak khalayak.

“Mixagrip usianya sudah 38 tahun. Brand awarenessnya pun sudah sangat dikenal sebagai brand yang humble, sederhana, dan cocok untuk dikonsumsi masyarakat dari beragam budaya di Tanah Air, sesuai tagline Kita Setuju, Semua Cocok,” tandas Feni.

Result

Event Mixagrip Explore Budaya Indonesia cukup efektif menciptakan brand awareness, dan mampu mengingatkan kembali (reminder) Mixagrip di tengah merek-merek obat flu-batuk yang ada di pasar, sekaligus menumbuhkan image di benak khalayak bahwa Mixagrip peduli terhadap olahraga bersepeda, kuliner, dan promosi destinasi di Indonesa.

Penyelenggaraannya di berbagai kota ini membuat Mixagrip mampu meng-cover ribuan pengunjung.

Coverage event semakin luas karena event terintergrasi dengan website www.kalbe.co.id, www.mixagrip.com, sosial media Facebook Mixagrip Cocok, Twitter @mixagripcocok, Instagram, termasuk iklan di Youtube serta media massa cetak dan online.

Terlebih lagi, Kalbe mengajak masyarakat ikut mengekspresikan kecintaan mereka terhadap budaya Indonesia melalui lomba foto bertemakan budaya Indonesia, kemudian mengungguh ke Website dan akun socialmedia Mixagrip. Cara ini mampu menciptakan viral marketing. (W Setiawan)

Wawan Setiawan

Recent Posts

XL Axiata Turut Sukseskan World Water Forum Ke-10

MIX.co.id - XL Axiata berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum…

4 hours ago

Skincara Gelar Festival Produk Kecantikan Asal Korea dan Jepang

MIX.co.id - Skincara berkolaborasi dengan Lippo Mall Puri dan Guardian menggelar "Skincara SPF++ Festival", pada…

4 hours ago

Gandeng Sarinah, YDBA Gelar Bazar bagi 50 UMKM Binaan

MIX.co.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkomitmen memandirikan Usaha Mikro Kecil dan…

15 hours ago

Daikin Targetkan 500 Peserta di Program “Daikin Proshop Designer Awards 2024”

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali meluncurkan program “Daikin Proshop Designer Awards 2024” (DDA), pada…

18 hours ago

Jelang Liburan Musim Panas, Vietjet Gelar Program Promo untuk Pelanggan dan Wisatawan

MIX.co.id - Memasuki liburan musim panas, Vietjet menghadirkan program consumer promo untuk para pelanggan loyal…

1 day ago

Grand Rakata Residence Hadirkan Klaster Premium Bergaya Skandinavia

MIX.co.id - Pengembang perumahan di kota Cilegon-Banten yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana…

1 day ago