Incar Segmen Mahasiswa, Kontes Robot Indonesia Regional II Kembali Digelar

Kontes Robot Indonesia merupakan agenda yang selalu menarik bagi mahasiswa untuk mengimplimentasikan gagasan dan ide-ide mereka menjadi suatu robot yang fungsional. Tentu saja, dengan memanfaatkan pengetahuan mereka yang multi disiplin. Robot–robot tersebut harus dirancang dan dibuat sendiri dengan menggunakan sensor-sensor, actuator, serta rangkaian elektronika dan mikrokomputer yang ada, dan harus diprogramkan sesuai dengan tema kontes tiap tahunnya.

Jajaran Dewan Juri Kontes Robot Indonesia Regional II

Jajaran Dewan Juri Kontes Robot Indonesia Regional II

Tahun 2015 ini, penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia Regional II kembali digelar. Kontes yang digelar untuk wilayah Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta itu akan berlangsung pada tanggal 23-25 April 2015 di kampus Universitas Budi Luhur. Tak kurang dari 23 perguruan tinggi dengan 62 tim turut mendukung kontes tersebut. Pemenang kontes regional akan mewakili wilayah atau regional untuk bertanding dalam Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 11-14 Juni 2015.

Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro, MBA mengatakan, “Sebuah kebanggaan bagi kampus Budi Luhur mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kontes Robot Regional II. Biasanya, kami dari tahun ke tahun yang mengirim tim robotic ke kampus penyelengara, sekarang giliran kami yang menerima peserta. Semua ini merupakan bukti dari prestasi tim Robotic Universitas Budi Luhur yang di wakili oleh Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Komputer dan Fakultas Teknik Program Studi Elektro yang berprestasi dan selalu mendapatkan juara dalam ajang Kontes Robot Regional maupun Nasional sejak tahun 2004 sampai sekarang.”

Hari Soetanto, S.Kom., M.Sc, Deputi Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Budi Luhur yang juga Ketua Panitia Kontes Robot Regional II, menambahkan, “Penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia Regional II terdiri dari Kontes Robot Abu, Kontes Robot Pemadam Api Berkaki, Kontes Robot Pemadam Api Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia, dan Kontes Robot Seni Indonesia. Total ada 62 team pendukung yang mengikuti lomba, dengan 154 mahasiswa berserta 62 dosen pembimbing.”

Diungkapkan Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D bahwa Universitas Budi Luhur sebagai salah satu perguruan tinggi swasta, memiliki visi menjadi universitas yang unggul dengan standard mutu tertinggi. Tentu saja, dilandasi kecerdasan dan keluhuran budi yang ditopang teknologi informasi dan komunikasi. “Kesempatan menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia ini adalah menjadi salah satu bukti bahwa Universitas Budi Luhur memiliki komitmen besar dan konsisten dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya,” tandas Prof. Suryo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)