Indonesia merupakan pasar potensial terbesar untuk hotel Holiday Inn Express di Asia Tenggara. Tiga sampai lima tahun ke depan, InterContinental Hotels Group (IHG) berencana akan membuka 12 hotel barunya di Tanah Air. Sementara, sampai saat ini, terhitung sudah ada empat hotel Holiday Inn Express di kota-kota besar di Indonesia, dimana hotel pertama beroperasi kurang dari setahun yang lalu.
Untuk mendongkrak awareness Holiday Inn, awal Oktober 2014 ini InterContinental Hotels Group meluncurkan kampanye digital 'Gak Smart Banget'. Objektifnya, untuk membantu para wisatawan di Indonesia membuat pilihan yang tepat dengan harga yang terjangkau. Kampanye yang dilakukan selama empat bulan ke depan lewat website dan Facebook ini, mengajak konsumen atau wisatawan untuk menceritakan dan membuat pengalaman ‘Gak Smart Banget’ mereka dengan menggunakan ‘meme’ dan hashtag #GakSmartBanget.
"Holiday Inn adalah brand yang tidak terlalu mementingkan 'keseriusan', dan melalui kampanye ini kami ingin mengajak masyarakat untuk berbagi momen pintar dan lucu mereka selama berwisata yang sesuai dengan value brand itu sendiri,” ucap Karin Sheppard, Chief Commercial Officer for Asia, Middle East and Africa (AMEA) InterContinental Hotels Group.
Cara Holiday Inn Exppress mengomunikasikan kampanye ini termasuk unik yaitu dengan menggunakan fenomena ‘meme’ yang sudah terkenal di kalangan masyarakat. Selain itu, kampanye ini juga mengajak wisatawan untuk tertawa bersama dalam berbagi segala pengalaman yang ‘Gak Smart Banget’ maupun yang ‘Wow Smart Banget’. Integrated Marketing Campaign Holiday Inn ini dilakukan lewat channel non-digital advertising di empat kota di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung.
Pertama kali diluncurkan secara global pada tahun 1991, Holiday Inn Express telah mendapat popularitas di antara wisatawan yang ingin alternatif murah untuk hotel yang memiliki pelayanan penuh, tanpa mengorbankan lokasi, kenyamanan dan standar pelayanan. Saat ini ada 2.300 hotel Holiday Inn Express secara global, termasuk lima hotel Holiday Inn Express (1.200 kamar) di Indonesia diantara sembilan hotel lainnya di Asia Tenggara.
“Kami membuka rata-rata dua hotel Holiday Inn Express setiap minggunya secara global sehingga merek kami berkembang pesat secara global. Perekonomian kelas menengah yang sedang berkembang serta perkembangan travel domestik dan internasional di Indonesia adalah peluang kami untuk mengembangkan penawaran hemat dan nyaman untuk wisatawan dalam
negeri,” pungkas Sheppard. (MS)