Membangun Consumer Engagement ala McDonald's

Ada banyak cara untuk membangun consumer engagement sehingga pelanggan makin cinta dengan brand. Salah satunya, menggelar kampanye komunikasi yang mampu menyentuh hati konsumen atau pelanggan. Langkah itu pula yang dilakukan oleh McDonald's Indonesia. Selama tujuh tahun berturut-turut, McDonald’s Indonesia secara konsisten menawarkan pilihan menu Prosperity di akhir tahun.

Dikatakan Caroline Kurniadjadja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, demi menciptakan consumer engagement sehingga konsumen makin cinta dengan brand, McDonald's senantiasa meningkatkan layanan lewat berbagai cara. Di antaranya, senantiasa menindaklanjuti setiap komplain yang masuk, hingga menghadirkan menu Prosperity.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa menu Prosperity sudah sangat dikenal oleh konsumen McDonald’s Indonesia dan menjadi menu yang selalu dinantikan kehadirannya oleh konsumen setiap akhir tahun. Pada setiap peluncuran menu Prosperity, pesan yang selalu disampaikan oleh McDonald’s adalah merayakan harapan dan menjadi lebih baik di tahun yang baru.

“Pada peluncuran menu Prosperity tahun 2017, kami tidak hanya ingin merayakan harapan tersebut lewat menu khusus. Akan tetapi, McDonald’s juga ingin mewujudkan harapan konsumen atau pelanggan McDonald's dengan menggelar kompetisi selfie #RayakanHarapan,” paparnya.

Melaluki kompetisi tersebut, McDonald's mengajak konsumen Indonesia untuk merayakan harapan mereka melalui sebuah foto di meja atau jendela harapan yang tersedia di seluruh restoran McDonald’s. Hasil foto tersebut harus diunggah ke akun instagram McDonald’s disertai caption yang berisi harapan mereka di tahun 2018. Selanjutnya, McDonald’s akan mewujudkan harapan dari tiga konsumen terpilih.

“Ada 369 konsumen yang turut berpartisipasi dengan mengunggah foto mereka dan menceritakan harapan mereka. Mulai dari harapan ingin memiliki gadget terbaru, keliling dunia, menurunkan berat badan, naik haji, move on, hingga membantu sesama,” lanjutnya.

Hari ini (27/2), bertempat di McDonald’s Sarinah, Jakarta, McDonald’s secara simbolis menyerahkan hadiah untuk tiga pemenang dari kompetisi selfie #RayakanHarapan yang telah diumumkan dalam tiga periode. Pada Periode 1 (12 Januari 2018), pemenang adalah Didi Supriyadi, Jakarta. Ia memiliki harapan sederhana untuk memiliki foto keluarga.

Pemenang Periode 2 (2 Februari 2018) adalah Klaudia Purwanityash G. dari Yogyakarta. Ia memiliki harapan untuk mengajak anak-anak Laskar Code bermain dan belajar di Kebun Binatang. Pemenang dari periode kedua ini merupakan salah satu tenaga pengajar dari @ukm_pengabdian_masyarakat, yaitu para pengajar pinggir sungai Kali Code yang selalu aktif mengajar untuk anak-anak “LASKAR CODE”, yaitu sebutan bagi anak-anak dari Sekolah Rakyat Kampung Jogoyudan, Yogyakarta.

Selanjutnya, pemenang Periode 3 (18 Februari 2018) adalah Lucy Yuliana dari Jakarta. Ia memiliki harapan membantu dana pengobatan teman dengan diagnosis penyakit kronis. Harapan mulia yang dilontarkan oleh Lucy bukan untuk dirinya sendiri melainkan ditujukan kepada teman baiknya semasa SMA, yaitu Nikky Setyawan yang terkena tumor otak stadium 4 sejak Maret 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)