Dunia e – commerce Indonesia kedatangan pemain baru, kali ini perusahaan telekomunikasi Telkomsel serius menggarap bisnis digital dengan merilis layanan belanja online bernama blanja.com pada Senin, (8/12) di Jakarta. Portal tersebut merupakan hasil patungan antara Telkom Group dengan e – Bay yang merupakan salah satu pemain e –
commerce terbesar di dunia.
Telkomsel merilis situs e-commerce blanja.com
Dikatakan Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga, “seiring dengan tumbuhnya minat masyarakat Indonesia terhadap online shopping, kami hadirkan blanja.com yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan bertransaksi belanja produk yang disukai, dari mana saja, kapan saja, dan dengan menggunakan perangkat apa saja.”
Keseriusan Telkomsel dalam menggarap pasar e – commerce Indonesia adalah buah implementasi dari strategi ekspansi karena melihat growthe – commerce yang terus meningkat. Pertumbuhan ini didukung dengan data dari Menkominfo yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp130 triliun.
Sementara itu, VP Indonesian E – Commerce Association Agus Tjandra (idEa) menyebutkan bahwa angka tersebut sangat fantastis mengingat bahwa hanya sekitar 7% dari pengguna internet di Indonesia yang pernah belanja secara online. Berdasarkan data dari McKinsey, dibandingkan dengan China yang sudah mencapai 30%, Indonesia memang masih tertinggal jauh, tapi perlu anda ingat bahwa jumlah ini akan terus naik seiring dengan bertumbuhnya penggunaan smartphone, penetrasi internet di Indonesia, penggunaan kartu debit dan kredit, dan tingkat kepercayaan konsumen untuk berbelanja secara online.
Dilansir dari antaranews.com, Blanja.com menyediakan 10 kategori umum yang ditawarkan, mulai dari Fashion & Aksesoris, Kesehatan & Kecantikan, Telepon genggam & Gadget, Perlengkapan & mainan bayi dan anak, Rumah & perangkat elektronik, Komputer, Film Musik & Buku, Otomotif, Fotografi & Video, Perlengkapan olahraga, serta Travel & makanan.
Disebutkan oleh pihak blanja.com, pihaknya mengklaim telah memiliki lebih dari 1 juta produk. Sekitar 99 persen dari keseluruhan produk tersebut dikatakan sebagai produk lokal yang disediakan oleh pebisnis individu, UKM, serta brand ritel ternama.
Dalam hal pembayaran pun, blanja.com menyediakan berbagai macam pilihan kepada konsumen online T-Cash, kartu kredit, transfer via ATM, internet banking, dan Cash on Delivery.