Sukses menggelar pameran Business to Business (B2B) bertajuk “Refrigeration & HVAC Indonesia” (RHVAC) di Kemayoran-Jakarta pada tahun lalu, PT Pelita Promo Internusa (PPI) kembali menggelar perhelatan serupa di tahun 2017 ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini PPI menggelar pameran RHVAC terlebih dahulu di Surabaya, tepat pada April 2017. Selanjutnya, pada 28 hingga 30 September di Jakarta International Expo, PPI menggelar pameran serupa.
Ekspansi PPI ke Surabaya terkait pameran RHVAC tak lepas dari tingginya potensi pasar di wilayah Timur Indonesia dan Surabaya dinilai sebagai Hub untuk kawasan Timur Indonesia. Terbukti, pameran RHVAC di Surabaya pada April 2017 lalu telah diikuti oleh 100 eksibitor dan dikunjungi oleh 9 ribuan orang. Oleh karena itu, pada pameran RHVAC di Jakarta selama tiga hari di September ini, PPI juga mengkomunikasikan kepada para eksibitor sekaligus pengunjung tentang pameran RHVAC yang siap digelar di Surabaya pada Maret 2018 mendatang.
Diterangkan Ferdian Lo, Project Manager PPI, jika tahun lalu pameran RHVAC di Jakarta mencapai 10 ribu pengunjung dengan 150-an eksibitor, maka tahun ini jumlah meningkat menjadi 200 eksibitor dan target pengunjung mencapai 150 ribuan. Pameran tersebut juga diikuti oleh 14 negara seperti Australia, Korea Selatan, Cina, Turki, Thailand, India, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Indonesia.
“Tingginya animo eksibitor dari berbagai negara menunjukkan bahwa permintaan pasar akan industri ini terhitung sangat besar. Sampai saat ini, eksibitor lokal mencapai 65%, sedangkan dari luar mencapai 35%,” yakin Ferdian, yang menyebutkan bahwa pameran RHVAC 2017 digelar bersamaan dengan The 5th International Indonesia Seafood & Meat Expo (IISM Jakarta edition).
Pameran Refrigeration & HVAC Indonesia, dinilai Ferdian, sebagai pameran yang efektif bagi para pelaku industri untuk mengenalkan teknologi konservasi energi serta mempromosikan industri HVACR (Pemanasan, Ventilasi, Air Conditioning dan Refrigerasi) di berbagai sektor. Sebab, melalui pameran tersebut, peluang terciptanya transaksi bisnis dengan dealing harga yang menarik sangat mungkin terjadi.
Sofianto Widjaja, Managing Director Pelita Promo Internusa (PPI), menambahkan, "Pameran ini dapat dijadikan sebagai platform perdagangan utama di Indonesia yang menghubungkan bisnis di seluruh negeri. Melalui pameran ini, pelaku bisnis juga dapat mempromosikan peluang ekspor maupun memperoleh buyers dari Jakarta dan provinsi lain serta importir internasional. Selain itu, mereka dapat menemukan peralatan pendinginan baru, makanan laut berkualitas tinggi, produk daging, serta kebutuhan rantai dingin lainnya lewat pameran ini.”