Sinergi BUMN di Aktivasi "Mahakarya Borobudur 2018"

Sebagai salah satu destinasi unggulan Indonesia, Candi Borobudur yang merupakan situs warisan dunia, tetap harus dikomunikasikan secara rutin kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, upaya destination branding untuk Candi Borobudur harus massif dilakukan. Mengingat, persaingan di antara berbagai destinsi wisata di dunia juga kian ketat. Masing-masing negara tampak agresif membranding destinasi wisata di negaranya.

Menyadari hal itu, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) menggelar aktivasi bertajuk Mahakarya Borobudur 2018: Indonesia Berkain. Menggandeng Bank BRI sebagai sponsor utama, aktivasi tersebut akan diselenggarakan pada 18 April 2018 mendatang di area Lumbini Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Diungkapkan Direktur Konsumer Bank BRI Handayani, mensponsori aktivasi "Mahakarya Borobudur 2018: Indonesia Berkain" merupakan bentuk dukungan Bank BRI terhadap sektor pariwisata Indonesia. Selain itu, langkah ini juga sebagai wujud Sinergi BUMN yang tengah digenjot pemerintah.

"Seperti diketahui, Candi Borobudur sudah menjadi warisan budaya dunia dan tujuan wisatawan domestik maupun mancanegar. Event ini merupakan wujud dukungan Bank BRI untuk dapat terus menjaga kelestarian Candi Borobudur sekaligus memajukan sektor pariwisata di Indonesia. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang hadir dalam event kali ini, diharapkan akan meningkatkan perekonomian di sekitar Candi Borobudur," ujarnya.

Bagi Bank BRI, lanjut Handayani, aktivasi atau event tersebut juga dimanfaatkan untuk loyalty program bagi segmen BRI Prioritas. "Dengan mengedepankan konsep yang sangat indah, event Mahakarya Borobudur akan menjadi suguhan yang isimewa bagi para nasabah BRI Prioritas. Apalagi, acara ini didukung oleh seniman dan desain ternama di Tanah Air," imbuhnya.

Ditambahkan Direktur Utama TWC Edi Setijono, Mahakarya Borobudur merupakan annual event yang mengambil inspirasi dari Candi Borobudur yang kaya akan seni budaya dan sisi kehidupan. "Sebelumnya, acara ini mampu direspon positif oleh masyarakat. Kami berharap 'Mahakarya Borobudur 2018: Indonesia Berkain' ini dapat menarik banyak wisatawan domestik maupun mancangera. Selain itu, melalui acara ini juga diharapkan sektor pariwisata Indonesia khususnya Candi Borobudur dapat semakin berkembang dan menguatkan posisinya sebagai destinasi wisata warisan dunia yang ada di Indonesia," harapnya.

Selanjutnya, untuk dapat semakin memajukan wisata Candi Borobudur, Bank BRI juga telah mengembangkan desa wisata dengan membangun Balai Ekonomi Desa (Balkondes). "Lokasi Balkondes ini cukup strategis yaitu di sekitar wilayah Candi Borobudur. Balkondes merupakan interconnecting tourism system berbasis komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa juga memberdayakan dan mengembangkan SDM berbasis Wisata," terang Handayani.

Pada event kali ini, Mahakarya Borobudur 2018: Indonesia Berkain mengangkat tema yang juga berkaitan dengan peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April mendatang. Seperti yang sudah diketahui, bahwa R.A Kartini adalah sosok wanita yang penting dengan rasa kepedulian yang sangat besar pada seni, khususnya pada kain batik. R.A Kartini juga merupakan Duta Batik Indonesia yang banyak menginspirasi busana nasional, khususnya pada kalangan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)