Mobile kian menjadi ladang yang subur bagi dunia marketing. Demikian disampaikan oleh Rohit Dadwal, Managing Director Asia Pacific Mobile Marketing Association (MMA) dalam acara MMA Forum Indonesia pada hari ini (13/11). Senada dengan Dadwal, Adeline-Ausy Setiawan, Media Director Unilever Indonesia & SSEA menyampaikan pengalamannya dalam menggunakan seluler sebagai strategi marketing demi terkoneksi langsung dengan konsumen.
Adeline Ausy Setiawan, Media Director Unilever Indonesia & SSEA
"Saat ini kita hidup di era VUCA", ujar Ausy. VUCA, lanjutnya, adalah kepanjangan dari Volatile, Uncertain, Complex, dan Ambigious. Untuk memenangkan pasar di era ini, brand dituntut untuk menggunakan landscape media baru sebagai marketing tools mereka, yakni mobile. "Konsumen terdiri dari tiga level. Dari yang teratas yaitu have lots, have, dan have not. Persamaan dari ketiganya adalah mereka semua sekarang sudah punya mobile," tambahnya.
Bagi Unilever, mobile memiliki peran khusus yang signikan untuk strategi marketing brand mereka. Selain sebagai suatu keharusan, strategi mobile juga memampukan brand-brand Unilever terhubung langsung dengan target konsumen mereka. Oleh karena itu, ke depan, Unilever tidak hanya akan menghadirkan brand yang brilian, tetapi didukung juga dengan brand activation yang brilian dan impactful bagi konsumen.
"Kenapa mobile menjadi suatu keharusan bagi kami? Selain karena penetrasinya terus meningkat di Indonesia, terbukti mobile strategy juga mampu menciptakan awareness dan pada akhirnya berdampak ke market share dan penjualan kami," ungkap Ausy yang menyebutkan dari total Ad Spend 2014 sebesar Rp 80 triliun, porsi untuk digital baru sekitar 3%-5%.
Sebagai contoh, brand Citra lewat kampanye Citra Good Night Greeting yang berlangsung pada Januari hingga Maret 2013 lalu dalam rangka mempromosikan produk baru Citra Night Lotion. Kampanye ini berangkat dari insight bahwa 69% konsumen menggunakan mobile phone mereka sebelum tidur untuk chatting, gaming, menggunakan social media ataupun aktivitas online lainnya.
"Lewat program Good Night Greeting, kami mengajak konsumen untuk memberikan ucapan selamat malam kepada orang yang mereka tuju melalui Facebook Page Citra Night Greetings, yang juga bisa di-share di akun Facebook mereka," ujar Ausy. Hasilnya, 63.000 Citra Night Greetings terkirim selama program berlangsung. "Melalui program ini, market share Citra juga ikut meningkat 2,3%," tutupnya.