MIX.co.id - Rangkaian "Citra Pariwara 2023" yang digelar pada Desember ini (8/12) di Ballroom Hotel Sofitel Bali, baru saja usai. FCN (Future Creative Network), GOODSTUPH, dan Dentsu Indonesia bergantian berbagi gelar pada ajang penghargaan tertinggi di industri periklanan Tanah Air itu.
FCN Creative berhasil meraih penghargaan tertinggi sebagai Creative Agency of The Year, sementara GOOD PEOPLE NETWORK by GOODSTUPH merebut Digital Agency of the Year, dan Dentsu Media mengokohkan diri sebagai Media Agency of the Year. Selain itu, ada Filmbunny yang berhasil meraih gelar Craft House of The Year dan McDonalds Indonesia dinobatkan sebagai Advertiser of the Year tahun ini.
Festival periklanan tahunan terbesar di Indonesia edisi ke-36 itu mengusung tema “Ingenious and Contagious” yang mendorong lahirnya generasi-generasi baru kreatif di industri periklanan.
Selain dari pengiriman karya di kategori-kategori utama yang banyak diiisi karya dari darah-darah muda periklanan, terdapat juga kategori khusus bagi insan muda periklanan, yaitu Daun Muda Award, yang dimenangkan oleh pasangan Mufti Abdila-Syifa Audrey Azzahra dari Gushcloud Indonesia dan kategori khusus bagi mahasiswa BG Award yang dimenangkan oleh pasangan Angelica Ratih rahardjo-Attin Rizqifa Iffanda dari ITB.
Dituturkan Chairman Citra Pariwara 2023 Reza Fitriano, 2023 merupakan tahun yang penuh dinamika bagi industri periklanan. “Walaupun banyak tantangan di tahun ini, namun jumlah entry tahun ini melebihi target yang kami harapkan. Pada awalnya, kami mempunyai target sebanyak 1.000 entry. Namun, tidak disangka antusiasme dan semangat para peserta sangatlah besar sehingga tahun ini dapat menyentuh angka 1.490, termasuk 178 entry Daun Muda Award,” katanya.
Sementara itu, Devi Attamimi, Co-Chairwoman Citra Pariwara 2023, mengimbuhkan bahwa setiap tahunnya Citra Pariwara diselenggarakan untuk merayakan betapa kuatnya generasi muda industri periklanan lewat karya-karya yang diikutsertakan.
“We want to celebrate ‘hunger’, and show how powerful the young generation of Indonesia di industri ini. Semoga tahun depan kita akan sama-sama merayakan lagi kemenangan karya-karya terbaik generasi muda industri periklanan Indonesia di kota lain!” seru Devi.
Citra Pariwara merupakan acara penghargaan yang diadakan setiap tahun oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) - DKI Jakarta. Ajang ini menonjol sebagai satu-satunya perhelatan tahunan dalam industri kreatif yang telah konsisten diselenggarakan sejak tahun pertama pelaksanaannya. Hal itu disampaikan oleh Elwin Mok,Ketua P3I - DKI Jakarta.
“Panggung Citra Pariwara adalah tangga pertama untuk para pemenang. Di balik panggung ini, masih ada tangga-tangga lain. Semoga yang menang di sini bisa naik ke tangga-tangga selanjutnya, melanjutkan kemenangan ke panggung yang lebih besar, khususnya di penghargaan-penghargaan kelas internasional seperti Adfest ataupun Cannes Lions,” ucap Elwin.
Pada kesempatan yang sama, Amir Suherlan, Co-Chairman Citra Pariwara 2023, mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada para sponsor yang telah memberikan kontribusi luar biasa. Selaku perwakilan panitia Citra Pariwara 36 Amir mengucapkan terima kasihnya kepada TikTok, Spotify, BAKTI Kominfo, City Vision, SUPERLIVE, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kontribusi mereka tidak hanya meningkatkan visibilitas acara, tetapi juga mendorong pertumbuhan industri kreatif secara keseluruhan.
Selain itu di Malam Anugerah Penghargaan tersebut Citra Pariwara juga memberikan Penghargaan Citra Pariwara untuk almarhum Narga Shakri Habib atas sumbangsih dan dedikasinya selama hidupnya untuk industri periklanan. Almarhum pernah menjabat sebagai ketua Citra Pariwara (2001 & 2002) serta beberapa jabatan penting di P3I Pusat (Sekjen 1999-2002; Ketua Umum 2002-2008). Bahkan di akhir hayatnya, ia masih menjadi Anggota Dewan Pertimbangan P3I DKI Jaya.
Daftar Pemenang Penghargaan Tertinggi Citra Pariwara 2023...