2 Fungsi Social Media dalam Membangun Komunikasi H2H

Social media mengekspos banyak sekali ironi, termasuk ketika kita menjadi kurang bersosialisasi di kehidupan nyata karena social media. Untuk itu, ada dua hal penting yang harus dipahami pemilik brand dalam menggunakan sekaligus memanfaatkan social media yang dilansir MIX Marcomm dari www.prnewsonline.com.

2 Fungsi Social Media dalam Membangun Komunikasi H2H Ilustrasi

Pertama, inilah saatnya mengembalikan kehidupan sosial ke wujud aslinya. Karena faktanya, target market Anda tidak hanya menunggu Anda dengan pesan yang ingin sampaikan lewat jejaring sosial. Bahkan mereka juga sebenarnya tidak begitu tertarik dengan konten yang ingin Anda kirimkan ke mereka.

Merek-merek 'jagoan' di social media memahami hal tersebut, dan mereka juga memiliki kesadaran sosial serta budaya dalam menggunakannya. Ada tiga proses yang terjadi dalam membangun customer relation di jejaring sosial, yaitu tahu, suka, lalu percaya.

Social media bukan sekadar platform untuk pemasaran Business-to-Business (B2B) ataupun Business-to-Consumer (B2C), tetapi lebih untuk membangun komunikasi Human-to-Human (H2H). Jika Anda memperlakukan konsumen Anda layaknya seperti manusia dan berkomunikasi dengan mereka secara manusiawi, Anda akan lebih berhasil dalam memanfaatkan social media untuk brand Anda. Bagaimanapun caranya. Apakah dengan men-tweet, posting, gramming, atau snapping, konsumen Anda seharusnya akan lebih teredukasi, tercerahkan, dan terhibur.

Esensi kedua social media adalah untuk menguasai jaringan dalam satu waktu. Dalam hal ini, ungkapan “memancinglah dimana ikan berenang” berlaku bagi strategi social media Anda. Apapun yang dikatakan konsultan atau pimpinan Anda, sepertinya saat ini Anda tidak perlu menggunakan Snapchat atau menginvestasikan banyak waktu di Instagram.

Gunakanlah waktu Anda untuk menguasai Facebook dengan mempelajari segala hal dari audiens Anda dan manfaatkan Facebook sebagai 'panggung' Anda di social media, khususnya untuk meningkatkan engagement dengan konsumen. Lebih baik menginvestasikan waktu dan sumber Anda untuk satu jejaring sosial dimana sebagian besar stakeholder Anda juga ada di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)