2018, Belanja Iklan TV Capai Rp 110,46 Triliun

Tiga kategori yang berkontribusi paling tinggi terhadap total belanja iklan TV di 2018

Sepanjang tahun 2018, total belanja iklan TV (TVC) menyentuh Rp 110,46 triliun. Itu artinya, bertumbuh 13,35% jika dibandingkan belanja iklan tahun 2017 lalu yang mencapai Rp 97,45 triliun. Demikian studi yang dirilis layanan sistem monitoring iklan televisi (TVC) Adstensity.

Ada tiga kategori produk yang berkontribusi paling tinggi terhadap total belanja iklan TV di 2018. Pertama, kategori Personal Care (Perawatan Pribadi) dengan total belanja iklan sebesar Rp 22,44 triliun atau berkontribusi 20,31%. Kedua, kategori makanan olahan (refined food) dengan total belanja iklan sebesar Rp 11,69 triliun atau berkontribusi sekitar 10,66%. Ketiga, kategori farmasi dengan total belanja iklan sebesar Rp 8,25 triliun atau berkontribusi 7,52%.

Jika dibandingkan tahun 2017, belanja iklan tahun 2018 untuk industri personal care mengalami peningkatan sebesar 5,64%. Industri makanan olahan (refined food) mengalami penurunan sebesar 0,16%. Adapun untuk industri farmasi mengalami kenaikan yang cukup besar sebesar 19,80%.

Di kategori Personal Care, ada lima brand yang paling besar mengeluarkan biaya belanja iklan televisi. Kelimanya adalah Pantene (Rp 1,31 triliun), Clear (Rp 1,08 triliun), Rexona (Rp 1,04 triliun), Garnier (Rp 960 miliar), dan Pepsodent (Rp 880 miliar).

Sementara itu, di kategori refined food, lima brand yang paling banyak menggelontorkan belanja iklan adalah Indomie, Mie Sedaap, Sarimi, Roma, dan Pop Mie. Indomie, mengeluarkan belanja iklan sebesar Rp 883,38 miliar. Mie Sedaap dan Sarimi di posisi kedua dan ketiga dengan belanja iklan masing-masing Rp 810,64 miliar dan Rp 716,42 miliar. Selanjutnya, Roma menghabiskan Rp 595,64 dan Pop Mie sebesar Rp 574,86 miliar.

Di kategori farmasi, 5 brand dengan belanja iklan terbesar adalah Counterpain, Welmove, Hot In Cream, Bintang Toejoe Masuk Angin, dan Fresh Care. Counterpain mengeluarkan belanja iklan sebesar Rp 727,35 miliar. Kemudian, ada Welmove dengan belanja iklan Rp 780,58 miliar. Adapun Hot In Cream, mengeluarkan belanja iklan Rp 295,87. Dua merek lainnya adalah Bintang Toedjoe Masuk Angin dengan belanja iklan Rp 262,00 miliar dan Fresh Care dengan belanja iklan Rp 231,28 miliar.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)