MIX.co.id – GrabAds, solusi periklanan terintegrasi dari Grab, dalam laporannya berjudul ‘Southeast Asia (SEA) Consumer Internet, Mobile and Digital Lifestyle Insights’ mengungkap bahwa 3 dari 5 pengguna Grab di Indonesia berencana memperbaharui smartphone mereka di tahun ini.
Lebih lanjut, ditemukan juga kebiasaan pengguna di Indonesia yang semakin sering menggunakan beberapa perangkat secara bersamaan. Saat terhubung ke Wi-Fi, smartphone (87%), laptop (68%), dan smart TV (58%) menjadi tiga perangkat yang paling sering digunakan secara bersamaan oleh pengguna Grab saat terhubung ke Wi-Fi.
Menariknya, minat terhadap perangkat digital tidak hanya terbatas pada ponsel. Tahun ini, banyak pengguna juga mulai mempertimbangkan untuk membeli teknologi dan peralatan lain seperti peralatan rumah tangga (39%), laptop (38%), serta tablet atau smart TV (26%).
“Melalui laporan ini, kami ingin memberikan gambaran berbasis data kepada para penyedia layanan telekomunikasi dan produsen perangkat tentang bagaimana kebutuhan dan ekspektasi konsumen terus berkembang,” ujar Roy Nugroho, Director for Grab For Business, Grab Indonesia dalam keterangan pers, Senin (2/6), di Jakarta.
Dijelaskan, dengan meningkatnya penggunaan layanan prabayar, banyak keluarga yang mengandalkan perangkat mobile, hingga ekosistem perangkat yang semakin beragam, dapat menjadi sinyal bahwa pelaku bisnis perlu mulai memikirkan ulang strategi bisnis mereka, mulai dari penawaran bundling hingga pendekatan ritel omnichannel agar bisa lebih tepat sasaran dalam menjangkau konsumen yang selalu ingin terhubung secara digital.
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar pelaku bisnis dapat tetap kompetitif di tengah persaingan pasar saat ini.
- Kecepatan, stabilitas, dan harga layanan menjadi faktor utama dalam keputusan konsumen untuk berpindah penyedia layanan.
Konsumen terus mencari paket langganan telekomunikasi yang dapat mendukung gaya hidup digital mereka. Bahkan, 1 dari 4 pengguna Grab di Indonesia yang disurvei bersedia berpindah provider untuk mendapatkan akses data seluler yang lebih cepat, paket data yang lebih murah, serta akses internet yang lebih stabil. Selain itu, 25% pelanggan internet tetap (broadband) menyatakan siap beralih provider demi mendapatkan koneksi yang lebih cepat dan stabil.
Sementara itu, pengguna non-broadband cenderung mulai mempertimbangkan untuk berlangganan jika tersedia layanan internet dengan kecepatan tinggi yang bisa diandalkan. Paket bundling juga semakin diminati. Data GrabAds menunjukkan, calon pelanggan broadband di Indonesia menginginkan berbagai layanan tambahan dalam paket mereka, mulai dari layanan streaming (69%), perangkat rumah seperti TV, speaker, laptop, dan konsol game (44%), hingga diskon untuk paket seluler (37%).
- Pengalaman berbelanja langsung di toko mendorong pembelian ponsel
Menurut laporan GrabAds, 78% orang Indonesia yang berencana mengganti atau membeli ponsel baru menganggap pengalaman di toko sebagai motif pendorong utama karena mereka bisa mencoba produk secara langsung, membeli produk saat itu juga, dan mendapatkan bantuan staf untuk pengembalian atau penukaran produk.
Di sisi lain, konsumen yang memilih berbelanja online...