37% Pasar FMCG Nasional Dikontribusi Food Category

kantar-2

Bulan Mei 2016, pasar Fast Moving Consumer Good di Indonesia masih tampak lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya, April 2016. Data Kantar World Panel Indonesia menunjukkan bahwa total FMCG nasional berdasarkan value mencapap pertumbuhan 3,3%. Itu artinya, lebih tinggi dibandingkan bulan April 2016, yang hanya mencapai 1,8%.

Pada periode Maret hingga 22 Mei 2016, kategori Food masih berkontribusi paling tinggi pada industri FMCG di Indonesia. Berdasarkan value, kontribusi kategori Food mencapai 37%. Selanjutnya, diikuti oleh kategori yang lainnya, Personal Care 18%, Beverages 16%, Dairy 15%, dan Home Care 13%. Demikian data yang dirilis Kantar Worldpanel Indonesia.

kantar ok

Sementara itu, berdasarkan pertumbuhan volume, pertumbuhan tertinggi pada periode Maret hingga Mei 2016 dibandingkan tahun sebelumnya, kategori Personal Care mengalami pertumbuhan paling tinggi, yakni mencapai 7%. Sementara itu, kategori Dairy dan Beverages, masing-masing hanya tumbuh 2% dan 1%. Adapun kategori Home Care tidak bertumbuh (0%), sedangkan kategori Food justru mengalami penurunan atau minus 7%.

Berdasarkan Value, pertumbuhan tertinggi ada pada kategori Home Care, yakni 8%. Kemudian, disusul oleh kategori Personal Care 6%, Beverages 5%, dan Dairy 3%. Adapun kategori Food, value growth-nya tidak bertumbuh, alias 0%.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)