4 Brand Ini Berhasil Memanfaatkan Mobile Marketing

Tahukan Anda, 67% pembelanja lewat smartphone akan pindah ke mobile site kompetitor jika proses checkout membutuhkan waktu yang lama? Demikian laporan dari statistik Google tentang bagaimana brand seperti Walmart dan RedRoof dapat meraup keuntungan besar dengan strategi mobile marketing.

Berikut adalah strategi inspiratif dari 4 brand yang berhasil memanfaatkan mobile marketing, seperti yang dikutip MIX Marcomm dari adweek.com.

MobileMktg1. Red Roof Inn.

Diperkirakan ada 90.000 travelers yang terdampar setiap hari lantaran batalnya penerbangan. Para pelaku industri hotel bekerjasama dengan Agensi digital marketing 360i memanfaatkan momen ini. Mereka menjalankan mobile search campaign dengan target para travelers yang terdampar tersebut lewat copywriting yang mengena sasaran, seperti “Stranded at the airport?”.

Hasil dari kampanye ini menunjukkan bahwa ada kenaikan sekitar 60% pada last-minute booking. Selain itu, kampanye ini juga berhasil menyabet penghargaan sebagai inventive marketing pada ajang Project Isaac Awards yang dihelat oleh Adweek.

2. Home Depot.

Ketika orang membutuhkan tutorial untuk pekerjaan rumah seperti merapikan lantai kamar mandi atau membangun teras depan, kemungkinan besar mereka lebih memilih menonton tutorial tersebut lewat smartphone ketimbang lewat desktop. Berdasarkan insight itulah, Home Depot meluncurkan ratusan video DIY di Youtube. Hasil dari strategi mobile marketing tersebut menunjukkan bahwa Home Depot berhasil meraih 43 juta views di akun Youtube.

3. Walmart

Dalam industri e-commerce, kecepatan adalah nomer satu. Tahun lalu, mobile site Walmart membutuhkan waktu 7.2 detik untuk loading. Bagi pembelanja lewat smartphone, waktu tersebut tergolong cukup lama. Akhirnya mobile site Walmart pun mengalami perubahan pada jenid huruf, gambar, dan kode HTML. Strategi ini terbukti efektif. Mobile site Walmart kini hanya membutuhkan waktu 2.9 detik untuk loading. Menurut laporan, setiap detik waktu loading yang berhasil dipangkas dapat meningkatkan konversi sekitar 2%.

4. Realtor.com

Website real estate mungkin akan terasa aneh jika di endorse oleh aktris seperti Elizabeth Banks. Nyatanya, brand realtor.com berhasil membuat strategi yang kreatif untuk Elizabeth Banks dalam menyampaikan pesan lewat online video. Brand real estate ini membuat 5 serial video di Youtube, yang bercerita tentang langkah-langkah dalam membeli rumah. Hasil strategi ini membuktikan bahwa realtor.com berhasil mendulang 400.000 views di Youtube hanya dalam kurun waktu 3 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)