Untuk kedua kalinya, PT AIA FINANCIAL menyabet penghargaan Best Company to Work For in Asia 2020 dari HR Asia. Sebelumnya, AIA meraih penghargaan yang sama di tahun 2017 berkat berbagai inisiatif, layanan, dan fasilitas terbaik AIA untuk karyawan dan agen pemasaran.
Penghargaan bergengsi tingkat Asia Pasifik yang diselenggarakan oleh Business Media Internasional itu diberikan kepada perusahaan yang dinilai telah memberikan kenyamanan bekerja bagi karyawannya. Kenyamanan diberikan melalui program-program pengembangan diri dan lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawan dalam meniti karir profesional.
Selain itu, AIA juga berhasil meraih predikat "WeCare: HR Asia Most Caring Companies Award 2020" di ajang penghargaan yang sama. Penghargaan itu diperoleh AIA berkat budaya empati dan kepedulian perusahaan kepada masyarakat, nasabah, tenaga pemasar, dan karyawan di masa penuh tantangan seperti pandemi Covid-19.
Dijelaskan Setiawani, Chief Human Resources Officer AIA, “Kedua penghargaan bergengsi dari HR Asia tersebut merupakan bukti nyata AIA sebagai perusahaan yang telah memberi perhatian, menghargai karyawan, dan membawa karyawan untuk bersama-sama mewujudkan komitmen AIA untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik dengan terus membangun tempat dan lingkungan kerja terbaik bagi karyawan, terutama dalam hal membangun kapabilitas dan high performance culture."
Lebih jauh ia menerangkan, ada empat faktor utama yang menjadi kunci sukses bisnis AIA. Pertama adalah kepedulian yang selalu menempatkan kesehatan, keselamatan, kesejahteraan, dan pengembangan karyawan sebagai prioritas utama. Kedua, AIA memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun di Asia dan AIA terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik kepada nasabah.
Ketiga, forward thinking, yakni AIA selalu memberikan layanan terbaik kepada nasabah. Tidak hanya saat pandemi, tetapi juga dangan meluncurkan strategi dan program untuk memastikan kebutuhan nasabah terkait proteksi dan perencanaan keuangan dapat terpenuhi dengan baik di tengah kondisi apapun.
Keempat, AIA selalu mengutamakan karyawan, terutama selama pandemi. AIA segera menerapkan protokol keselamatan di lingkungan kerja untuk memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan, sertanmembuat kebijakan 80% karyawan bekerja dari rumah yang didukung dengan fasilitas teknologi agar tetap terhubung dan produktivitasnya terjaga.
"Di tengah masa pandemi, kami juga menerapkan beragam inovasi guna memudahkan karyawan untuk tetap produktif. Melalui inovasi Winning from Home, karyawan, tenaga pemasar, dan nasabah tetap terkoneksi dengan mudah, meski sedang bekerja dari rumah dan mematuhi protokol pembatasan sosial. Dengan demikian, kami dapat terus memberikan layanan kepada nasabah dengan baik walaupun mayoritas karyawan dan tenaga pemasar harus bekerja dari rumah," urainya.
Selain itu, lanjut Setiawani, AIA juga menerapkan program lainnya seperti Winning with Purpose, yakni program yang dibuat agar karyawan tetap terhubung dengan Purpose atau AIA dalam membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik. Di antaranya, melalui program-program virtual talks yang menghadirkan para leaders di AIA bersama dengan expert di berbagai bidang, serta program pelatihan kepemimpinan dan pengembangan manajerial.
"Bahkan, kami juga memberikan fasilitas kesehatan Rapid Test dan Swab/PCR Test gratis untuk karyawan jika dibutuhkan, subsidi komunikasi bagi karyawan yang bekerja dari rumah, dan bantuan makan siang serta transportasi bagi mereka yang harus bekerja dari kantor," pungkasnya.