49% Masyarakat Indonesia Pilih Masak di Rumah, Sharp Luncurkan Alat Masak Pintar

Saat ini, jumlah penduduk Indonesia didominasi oleh usia muda dan produktif. Merujuk data BPS (Badan Pusat Statistik), 44% penduduk Indonesia berada pada rentang usia 25 - 54 tahun. Di daerah urban, usia produktif itu mengalami perubahan perilaku. Trennya, mereka concern pada produk-produk yang menawarkan fitur kesehatan. Bahkan, untuk mereka yang memiliki income tinggi, cenderung membeli produk premium berkualitas.

Fakta ini diperkuat dengan temuan Nielsen. Di masa pembatasan sosial atau pandemi, 50% masyarakat Indonesia memilih menghindari mencari hiburan di luar rumah, 49% memilih memasak di rumah, 46% memilih mengurangi makan di luar, 44% memilih mengkonsumsi produk-produk kesehatan, dan 37% memilih mengkonsumsi vitamin.

"Itu artinya, tren memasak di rumah memang tengah berkembang saat ini," ungkap Nita Nurul Ayuningtyas, Product Strategic for Home Appliances PT Sharp Electronic Indonesia, pada November ini (11/11) saat peluncuran alat masak pintar Sharp, Healsio Superheated Steam Oven, secara virtual.

Berangkat dari fenomena itulah, lanjut Nita, Sharp melalui rangkaian produk Healsio yang mengusung konsep ‘Easy, Healthy, Tasty’, kembali meluncurkan lini baru dengan menghadirkan Healsio Superheated Steam Oven, sebuah alat masak pintar yang memudahkan setiap orang untuk memasak makanan layaknya restoran bintang lima namun tanpa ribet.

Telah terjual lebih dari 2,3 juta unit di seluruh dunia, produk ini mempunyai fungsi berupa perpaduan Steam Oven, Microwave, dan juga Convection Oven di dalam satu alat masak. "Menggunakan sistem pemanasan dengan air, alat masak ini mampu menghasilkan uap air di mana kemudian uap tersebut dipanaskan kembali sampai 250° C, sehingga menghasilkan Superheated Steam. Injeksi Superheated Steam mampu terserap secara sempurna ke dalam makanan, sehingga berbagai jenis masakan dapat matang secara sempurna," paparnya.

Produk baru ini menyasar segmen millennial dan profesional yang berasal dari kalangan menengah atas dan tinggal di daerah urban atau kota besar, yang notabene memiliki kesadaran tinggi akan produk-produk berfitur kesehatan. "Produk ini dibandrol dengan harga Rp 8 juta per unitnya," tambah Andry Utomo, General Manager National Sales PT Sharp Electronic Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Sharp pun mematok target optimistis untuk produk barunya tersebut, yakni mencapai 1.000 unit dalam setahun. Guna mencapai target tersebut, menurut Andry, sejumlah upaya akan dilakukan Sharp. Antara lain, menggandeng berbagai komunitas, menggelar kegiatan edukasi produk melalui cooking class, hingga memanfaatkan media sosial.

"Kami berharap melalui produk terbaru ini, kami dapat meningkatkan kontribusi penjualan produk Small Home Appliances, dimana saat ini telah memiliki kontribusi sebesar lima persen dari bisnis perusahaan," tutup Andry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)