5 FAKTA ANTREAN ITU ASYIK

Sabtu, 28 Januari 2023, Holland Bakery Indonesia menggelar promo diskon hingga 45 persen untuk seluruh produknya. Toko roti ini di”serbu” dan antrean terjadi dimana-mana. Holland Bakery pun menjadi pembicaraan hangat.  Bagaimana antrean bisa menjadi event yang menarik?

Dalam konteks pemasaran, ada konsep yang disebut dengan Queuing in marketing. Istilah ini mengacu pada praktik menciptakan rasa kelangkaan atau urgensi di sekitar produk atau layanan untuk meningkatkan permintaan dan mendorong orang untuk mengambil tindakan dengan cepat.

Ini dapat dilakukan dengan membuat kesan ketersediaan terbatas, penawaran waktu terbatas, atau dengan menggunakan pesan yang menunjukkan bahwa produk atau layanan tersebut sangat diminati. Strategi ini bisa menciptakan rasa urgensi dan mendorong orang untuk melakukan pembelian atau mengambil tindakan lain sebelum terlambat. Menciptakan rasa kelangkaan atau urgensi di sekitar produk atau layanan adalah taktik pemasaran klasik yang telah digunakan selama berabad-abad.

Di era modern, antrean telah dipelajari dan disempurnakan oleh para ahli pemasaran untuk mengoptimalkan efektivitasnya dalam mendorong penjualan dan mendorong tindakan. Banyak perusahaan dan pemasar terus menggunakan strategi antrian dalam kampanye pemasaran mereka saat ini, dan ini tetap menjadi taktik yang populer dan efektif untuk menciptakan kegembiraan dan menghasilkan permintaan seputar produk dan layanan baru.

Antrean bisa efektif dalam mendorong penjualan dan menciptakan word of mouth seputar produk, tetapi juga bisa dianggap manipulatif atau tidak etis jika digunakan secara tidak tepat atau terlalu sering. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan strategi antrian secara transparan dan jujur yang secara akurat mewakili produk atau layanan yang ditawarkan.

Sebagian orang menyebut antrean memiiki makna negatif; membosankan bahkan dari sudut pandang etiket sebagai hal yang kurang bagus. Kenapa? Salah satunya adalah biasanya dalam antrian selalu adalah aturan. Artinya ada pengekangan dan menguragi kebebasan orang. Bayangkan kalau Anda tiba-tiba nyelonong ke depan, pasti orang di belakang Anda teriak.

Itu sebabnya akademisi Harvard Leo Mann dalam esainya Queue Culture pada tahun 1962, berpendapat bahwa antrean bekerja paling baik adalah ketika mereka meniru sistem sosial normal dan mengharuskan “nilai-nilai budaya egalitarianisme dan ketertiban."

Artinya, antrean tak selamanya membosankan. Ada sebagian orang menyebut antrean antrean menjadi seksi seperti yang terjadi pada antrean tiket pertunjukan, penandatanganan buku, PlayStations, rilis iPhone terbaru atau kejuaraan pamungkas tenis lapangan rumput.

Dalam dekade terakhir, jenis antrean lain telah muncul; Antrean untuk berteman, dan antrean untuk dilihat. Baru-baru ini, di Nike Town di pusat kota London, ratusan orang mengantre untuk mendapatkan jersey tim sepak bola Nigeria. Mereka bukan membagikan gratisan melainkan harus membeli. Yang menarik, jersey itu terjual habis dalam hitungan menit.

Sekitar Natal tahun lalu, lebih dari 300 orang mengantri di luar agen koran di London barat untuk bertemu Virgil Abloh, seorang pejabat di bagian pakaian pria yang sangat terkenal di Louis Vuitton, dan kemudian menjadi bintang sampul majalah mode System.

“Semuanya sangat menyenangkan, tidak ada masalah, tidak ada antrian yang berlebihan,” kata pemilik agen koran Shreeji, Tuan Sandeep. "Seolah-olah mereka ingin berada di sini, mereka ingin mengantri."

FAKTA PERTAMA - “Proses memperoleh barang membutuhkan sejumlah investasi emosional. Jadi mengantri sepanjang hari bisa menjadi pengalaman yang berharga – bahkan jika mereka tidak membeli apa pun.”

Pages: 1 2
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)